PROKOMPIM Wonosobo Gelar Sosialisasi, Perkuat Koordinasi dengan Layanan Call Center Protokol Berbasis Whatsapp Business

admin 8

WONOSOBO – Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (PROKOMPIM) Sekretariat Daerah Kabupaten Wonosobo menyelenggarakan acara Sosialisasi Layanan Call Center Protokol dan Penguatan SOP Protokol dan Komunikasi Pimpinan pada hari Senin, 11 Agustus 2025 di Pendopo Bupati Wonosobo. Acara ini dihadiri oleh PPID dan Admin PPID dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan, dan Kelurahan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjawab tantangan koordinasi yang selama ini masih bersifat personal dan belum terpusat, yang seringkali menimbulkan risiko miskomunikasi atau informasi yang tidak lengkap. Untuk itu, Prokompim Wonosobo meluncurkan sebuah inovasi strategis berupa Layanan Call Center Protokol.

"Layanan ini kami hadirkan untuk mengatasi tantangan koordinasi yang selama ini kurang terpusat dan untuk menyamakan persepsi seluruh pihak tentang SOP yang berlaku," ujar Asisten Administrasi Umum Sekda dalam sambutannya saat membuka acara.

Narasumber dalam acara ini, Aprilia Rismawati, menjelaskan bahwa layanan ini merupakan pusat komunikasi terpadu yang dirancang untuk menyederhanakan alur koordinasi. "Layanan Call Center Protokol ini berbasis WhatsApp Business. Jadi, Bapak/Ibu sekalian cukup menghubungi satu nomor resmi saja, tidak perlu lagi japri atau mencari staf secara personal," ujarnya. Dengan nomor tunggal +62 851-2662-2425, layanan ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan kecepatan respons dalam setiap permintaan.

Selain memperkenalkan layanan baru, sosialisasi ini juga fokus pada penguatan kembali Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku. Salah satu poin penting yang ditekankan adalah mengenai permohonan Sambutan. Pengajuan naskah sambutan diharapkan maksimal H-2 (dua hari) sebelum acara dan dilengkapi dengan Pointer.

Drs. Satriyatmo, MM selaku Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan menambahkan "Penguatan SOP ini sangat penting untuk memastikan kita semua memiliki panduan kerja yang seragam. Tujuannya agar persiapan acara pimpinan menjadi lebih matang, naskah sambutan berkualitas, dan alur acara di lapangan berjalan lancar tanpa kendala."

Dengan terlaksananya sosialisasi ini, Prokompim Wonosobo berharap dapat terjalin kolaborasi yang lebih kuat dan profesional antara Bagian Prokompim dengan seluruh OPD, Kecamatan, serta Kelurahan. Layanan Call Center Protokol dan penguatan SOP ini diharapkan menjadi langkah nyata untuk mewujudkan koordinasi yang lebih efisien dan tata kelola pemerintahan yang adaptif juga melayani.


    Tags
  • Protokol Dan Komunikasi Pimpinan