Optimalisasi Fungsi Terminal Tipe A Mendolo Sebagai Transit Moda Transportasi Dan Pusat Kegiatan Masyarakat

Optimalisasi fungsi Terminal Tipe A Mendolo sebagai lokasi transit moda transportasi darat dan pusat kegiatan masyarakat, menjadi salah satu poin penting yang harus dikembangkan. Demikian disampaikan Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, S.Ag., saat menjadi Irup pada upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional yang digelar dihalaman mandala wisata Mendolo Wonosobo sabtu (17/9) pagi.

Bupati mengatakan Kabupaten Wonosobo memiliki Terminal Tipe A Mendolo sebagai kawasan transit antarmoda, khususnya untuk moda transportasi angkatan darat. Dalam hal ini, potensi Terminal Tipe A Mendolo hendaknya dapat dioptimalkan sebagai pusat pergantian antarmoda, tempat naik dan turun penumpang, serta menjadi lokasi yang direncanakan akan dikembangkan dengan konsep Transit Oriented Development (TOD), yang merupakan integrasi dari pola pembangunan tata kota dengan sistem transportasi, sehingga dapat tercipta sebuah kota yang efisien. Konsep TOD dapat mengintegrasikan jaringan transit secara regional, dan melengkapi strategi pengembangan lingkungan yang telah ada di sekitar simpul transit, sehingga mampu menyatukan masyarakat, kegiatan, dan ruang publik dengan konektivitas yang mudah bagi pejalan kaki, pesepeda, dan pengguna angkutan umum sekaligus menjadi penunjang kegiatan pariwisata di Kabupaten Wonosobo.

Afif menambahkan, kemudahan akses dan konektivitas yang ditawarkan kepada masyarakat, diharapkan akan mampu mengembangkan peran terminal sebagai salah satu pendorong dalam pembangunan, terutama pada penguatan ekonomi daerah.

“Wonosobo sedang mengembangkan sektor pariwisata, sehingga saya berharap Terminal Tipe A Mendolo juga dapat dikembangkan untuk menunjang pembangunan kepariwisataan. Oleh karena itu, saya minta kepada Insan Transportasi khususnya di Kabupaten Wonosobo, untuk terus mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh Terminal Tipe A Mendolo, serta menyusun perencanaan dan implementasi yang tepat atas tindak lanjut rencana pengembangan TOD, guna meningkatkan konektivitas dan integrasi kegiatan masyarakat”.

Lebih lanjut Mas Afif mengatakan, ditengah masa pemulihan dari pandemi ini, harus menghadapi perekonomian dunia yang belum sepenuhnya bangkit. Banyak negara mengalami krisis ekonomi dengan tingkat inflasi yang melambung tinggi.
Namun, patut bersyukur, Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini. Disektor transportasi nasional pun, kebangkitan itu mulai terlihat. Data BPS menunjukkan sektor transportasi telah berhasil tumbuh 21,27% di kuartal kedua 2022, dan memberi sumbangan positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,44%. “Pencapaian ini harus kita syukuri, ditengah tantangan, sektor transportasi masih memberi kontribusi yang berarti bagi Indonesia,” ungkapnya.

Seiring hal itu, dalam upaya pemulihan ekonomi yang mulai berangsur membaik, Kabupaten Wonosobo merupakan daerah tujuan wisata yang angka kunjungan wisatawan baik lokal maupun dari luar cukup tinggi, sehingga Bupati mengaskan dalam mewujudkan pelayanan yang baik, membutuhkan koordinasi dari semua unsur, termasuk keluarga besar perhubungan. Sembari mengajak agar bersama-sama menjadi agen kemajuan dan menjadi tuan rumah yang baik dalam segala hal.

“Setelah dilanda pandemi dua tahun, hari ini mulai tampak bergeliat berbagai destinasi wisata yang ada di Kabupaten Wonosobo, oleh sebab itu sejalan dengan itu pasti akan banyak wisatawan yang hadir di Wonosobo, maka mari jadikan dalam diri kita sebagai agen kemajuan, jadikan setiap insan sebagai tuan rumah yang baik. Mari kita wujudkan pelayanan baik dengan koordinasi dan kolaborasi dari semua pihak,” tegas Bupati.

Sementara pada momen peringatan Hari Perhubungan kali ini, selaku Bupati,  menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran perhubungan atas kehadiranya ditengah masyarakat khususnya terkait kelancaran transportasi dan berbagai peran serta yang dilakukan dalam upaya memajukan dunia transportasi.

“Kehadiran keluarga besar dinas perhubungan ditengah masyarakat sangat luar biasa. Termasuk teman-teman yang setiap hari, setiap saat, setiap waktu membantu memperlancar dan mengatur jalanya arus lalu lintas. Artinya peran dari teman-teman semua sudah cukup optimal, kami sampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya,” ucapnya.

Bupati mengakhiri sambutanya dengan menyampaikan ucapan, “Atas nama pribadi, sekaligus pemerintah dan masyarakat Wonosobo, saya mengucapkan selamat memperingati Hari Perhubungan Nasional Tahun 2022. Mari pekikkan “Bangkit Maju Bersama!” dan berkolaborasi untuk memajukan dunia transportasi, khususnya di wilayah Kabupaten Wonosobo,” pungkasnya.

 

Informasi ini juga dapat dilihat di :

Optimalisasi Fungsi Terminal Tipe A Mendolo Sebagai Transit Moda Transportasi Dan Pusat Kegiatan Masyarakat

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *