Desa Diharap Berperan Menuntaskan Berbagai Persoalan Ditengah Masyarakat

Penyerahan Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) oleh Bupati Wonosobo di Desa Besani dibarengkan dengan pelaksanaan Musyawarah Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2023, yang dilaksanakan di Balai Desa setempat, selasa (6/9/22).

Dihadapan warga yang hadir pada MUSRENBANGDes RKPDes tersebut, Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, S.Ag, mengingatkan tentang berbagai persoalan yang ada ditengah masyarakat. Melihat hal itu Desa diharapkan peranya, tidak kecuali Desa Besani ini agar dapat berperan dan fokus terhadap upaya mengurai persoalan-persoalan yang sedang dihadapi.

“Secara menyeluruh saat ini masih banyak persoalan yang harus dihadapi, kami berharap Desa Besani dan yang lainya, agar fokus,  karena anggaran sangat terbatas, dana tidak banyak, nanti mau diprioritaskan untuk apa, saya hanya titip pertama menyangkut stunting kalau ada, kemudian anak putus sekolah, barangkali ada, maka harus diprogramkan untuk PAUD-nya, kemudian rumah tidak layak huni, kalau masih ada, kalau sudah tidak ada, maka tinggal difokuskan untuk yang lain”, ujarnya.

Sementara terkait sertifikat PTSL yang telah dibagikan Bupati mengatakan bahwa legalisasi tanah yang dimiliki masyarakat sudah menjadi hak, maka Bupati berharapa agar masyarakat lebih hati-hati merawat dan menyimpanya. Sembari berharap bisa dipergunakan dengan baik agar bermanfaat dan tidak salah langkah.

“Dengan program PTSL, desa-desa yang mengajukan sasaran program sertifikat ini yang sudah selesai, maka harus segera diterbitkan. Harapanya nanti sertifikat bisa bermanfaat bagi pemiliknya, bagi masyarakatnya”, tegas Bupati.

“Yang terpenting adalah itu sudah menjadi hak penjenengan, negara harus hadir,  negara harus memfasilitasi, karena merupakan keperpihakan negara kepada rakyat, bentuknya adalah bahwa ini punya tanah, ada wujudnya, ada surat-suratnya. Jadi legalitasnya jelas, bahwa ini sudah resmi, mudah-mudahan sertifikat ini bisa digunakan sebaik-baiknya untuk menopang perekonomian di masyarakat desa Besani,” pungkasnya.

 

Informasi ini juga dapat dilihat di :

https://prokompim.wonosobokab.go.id/2022/09/desa-diharap-berperan-menuntaskan-berbagai-persoalan-ditengah-masyarakat/

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *