DIANPINSA KWARCAB WONOSOBO 2022

Sebanyak 55 Anggota Gerakan Pramuka Penegak di Kwartir Cabang Wonosobo mengikuti kegiatan Gladian Pimpinan Sangga (DIANPINSA) Kwarcab Wonosobo tahun 2022, yang dilaksanakan selama 3 hari 5-7 Agustus 2022. Bertempat di Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Wonosobo.
DIANPINSA sendiri sebagai media kegiatan bersama dan pendidikan bagi pramuka penegak dalam meningkatkan optimalisasi peran pimpinan sangga dalam pengelolaan satuan, serta untuk memberikan bekal kepada pimpinan sangga dalam menjalankan tugasnya. Berbagai materi yang dibertikan dalam kegiatan DIANPINSA antara lain kepemimpinan, teknik hidup di alam bebas, pertolongan pertama, navigasi, outbond dan yang lainnya.
DIANPINSA Kwarcab Wonosobo 2022 dibuka oleh Ka Kwarcab Wonosobo, Drs. Muhammad Albar, MM, Jum’at (5/8). Saat membuka kegiatan DIANPINSA, Ka. Kwarcab menyampaikan bahwa masa depan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas generasi penerusnya. Untuk menjadi bangsa yang kuat, maju serta mandiri dalam segala bidang dibutuhkan generasi penerus yang unggul baik jasmani-rohani maupun intelektualnya.

Muhammad Albar juga menyampaikan bahwa DIANPINSA ini tentunya memiliki tujuan jelas, yakni guna mencetak Pimpinan Satuan (Pinsa) Gugus Depan/Pangkalan di wilayah Kwarcab Wonosobo yang berkarakter. Kegiatan ini juga akan melatih dan mengembangkan jiwa kepemimpinan, serta meningkatkan keterampilan kepramukaan yang terorganisir dengan dalam sangga maupun Dewan Ambalan pangkalan masing-masing.
“Dengan kata lain, seluruh peserta DIANPINSA Kwarcab Wonosobo 2022 merupakan kader-kader unggul penerus bangsa, yang tiga hari kedepan akan ditempa dalam Kawah Candradimuka, untuk dapat meningkatkan kapasitas diri, kepemimpinan, dan disiplin, sebagai bekal dalam mengelola ambalan serta mendalami berbagai karakter rekan yang Saudara temui,” ungkap Ka. Kwarcab.
“Diharapkan setelah mengikuti DIANPINSA 2022 ini, Saudara dapat meningkatkan jiwa kepemimpinan, serta kecakapan, keterampilan, dan kemampuan dalam teknik kepramukaan, yang dapat ditandai dengan munculnya kesadaran akan tugas dan kewajiban sebagai ketua atau wakil ketua sangga. Untuk itu, hendaknya Saudara dapat berbenah dan membuktikan diri, sebagaimana Dasa Darma Pramuka yang sudah seharusnya dijiwai oleh tiap-tiap anggota Pramuka,” pungkas Albar.

 

Informasi ini juga dapat dilihat di :

DIANPINSA KWARCAB WONOSOBO 2022

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *