SMP N 3 Kertek Menginisiasi Gerakan P5

Dalam rangka membentuk peserta didik yang Pancasilais dan ketahanan diri yang kuat sesuai dengan olah rasa, pikir, olah raga dan olah karsa yang dicetuskan Bapak Pendidikan, Ki Hajar Dewantara, SMP Negeri 3 Kertek menginisiasi Gerakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertempat di lapangan upacara sekolah (29/7/2022).
Pada kesempatan tersebut Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Kertek, Siti Alifah memaparkan, bahwa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ber-tema-kan “Bangunlah Jiwa dan Raganya” serta topik “Pengelolaan Lingkungan Untuk Keindahan dan Kesehatan”.
“Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 3 Kertek yang bertemakan “Bangunlah Jiwa dan Raganya” serta topik “Pengelolaan Lingkungan Untuk Keindahan dan Kesehatan”, bertujuan untuk mengintegrasikan 3 (Tiga) Profil Pelajar Pancasila yaitu: bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulai, gotong-royong serta kreatif, yang akan kami awali dengan pendidikan lingkungan hidup, dengan harapan mampu menumbuhkan semangat peserta didik untuk mengerti dan menyadari akan pentingnya pengelolaan lingkungan dalam kehidupan mereka sehari-hari, dimulai dari pengelolaan sampah di lingkungan sekolah”, kata Siti Alifah.


Pada kesempatan yang sama Ketua Komite, Suratno sebagai salah satu alumni SMP Negeri 3 Kertek mendukung inisiasi gerakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
“Saya sebagai salah satu alumni SMP Negeri 3 Kertek, yang kebetulan di dapuk sebagai Ketua Komite bersama seluruh civitas akademika sangat mendukung inisiasi gerakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, yang tentunya kita bersama berharap projek ini akan berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak didik, lembaga maupun pelayanan pendidikan dengan begitu ke depan SMP Negeri 3 Kertek akan mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain yang ada di Kabupaten Wonosobo, apalagi dengan fokus pendidikan lingkungan, yang nantinya akan mendukung proses belajar-mengajar”, tutur Suratno.
Selanjutnya Wakil Bupati Wonosobo, Drs. Muhammad Albar, MM dalam sambutannya memberikan apresiasi positif atas inisiasi gerakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 3 Kertek, sebagai salah satu upaya untuk membekali generasi muda, agar memiliki karakter yang baik, memiliki ketrampilan literasi yang baik serta memiliki kompetensi yang unggul menghadapi Abad 21.
“Saya selaku Wakik Bupati Wonosobo memberikan apresiasi positif atas inisiasi gerakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 3 Kertek, sebagai salah satu upaya untuk membekali generasi muda, agar memiliki karakter yang baik, memiliki ketrampilan literasi yang baik serta memiliki kompetensi yang unggul menghadapi Abad 21, yang sarat dengan tantangan serta seringkali bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila seperti: ekskusivisme, intoleransi, terpaparnya radikalisme dan terjadinya potensi disintegrasi bangsa, yang mau tidak mau memposisikan dunia pendidikan untuk merespon tantangan perubahan lingkungan yang dinamis ini”, Drs. Muhammad Albar, MM.


“Untuk itu dunia pendidikan harus terus berinovasi dalam rangka menyiapkan generasi penerus bangsa yang tidak hanya siap menghadapi perubahan modernisasi dan globalisasi, akan tetapi juga menjadi pemenangnya. Tentunya hal tersebut harus didukung dengan penguatan kearifan lokal yang harus dipertahankan serta diwariskan kepada generasi penerus bangsa, sebagai contoh gotong-royong, sebagai salah satu akar Bangsa Indonesia, selaras dengan itu tidak berlebihan kiranya saya berharap Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ke depan dapat menjadi pemicu dan pemacu yang nantinya akan mendorong dunia pendidikan khususnya di SMP Negeri 3 Kertek khususnya atau di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah dan Indonesia pada umumnya menjadi lebih baik”, ungkap  Drs. Muhammad Albar, MM.
“Terakhir saya berpesan kepada seluruh anak-anakku untuk benar-benar menjiwai dan mengamalkan Pancasila dengan sungguh-sungguh, baik dalam lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat, dimulai dengan membiasakan disiplin diri dengan makan sarapan sebelum sekolah, tepat waktu berangkat dan masuk sekolah, disiplin melaksanakan tugas-tugas sekolah seperti mengerjakan PR, termasuk didalamnya disiplin hidup, jangan buang sampah sembarangan baik di sekolah maupun di lingkungan lainnya. Jadilah anak yang bertaqwa, toleran, mampu memberikan penghargaan kepada orang lain dan kuat prinsipnya untuk terus melakukan kebaikan”, kata Drs. Muhammad Albar, MM.
Kegiatan inisiasi gerakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 3 Kertek di akhiri dengan pementasan Tari Kuda Kepang oleh siswa serta pemberian bantuan bagi 20 siswa kurang mampu, berupa 2 (Dua) dus mie instan yang berasal dari seluruh siswa juga bantuan beras 50 Kg dari Ketua Komite.

 

Informasi ini juga dapat dilihat di :

https://prokompim.wonosobokab.go.id/2022/07/smp-n-3-kertek-menginisiasi-gerakan-p5/

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *