Gerakan Serentak Penanaman Pohon Dan Kebersihan

Pemerintah Kabupaten Wonosobo melaksanakan gerakan serentak penanaman pohon dan kebersihan yang dipusatkan di Taman Arboretum, Taman Rekreasi dan Wisata Kalianget, sebagai tindak lanjut komitmen Program Gerakan Cinta Serayu, dengan Tagline “Ngrumat Berkah Saking Gusti”, dengan tujuan pemulihan ekosistem yang sudah mulai rusak untuk dipulihkan kembali.

Rangkaian acara Gerakan Penanaman Pohon dan Kebersihan yang digelar jumat (15/7) pagi  diawali dengan Senam Bersama tersebut dihadiri juga oleh Wakil Bupati, Dandim, Kapolres, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Pimpinan BUMN dan BUMD serta Komunitas Penggiat Lingkungan di Kabupaten Wonosobo.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wonosobo, Ir. Widi Purwanto menyampaikan Gerakan Serentak Penanaman Pohon dan Kebersihan yang di ikuti oleh 265 desa dan 15 kecamatan serta gerakan bersih-bersih di seluruh Kantor Organisasi Perangkat Daerah Se-Kabupaten Wonosobo dilatarbelakangi oleh adanya isu erosi dan sedimentasi di Sungai Serayu serta isu perubahan iklim secara Global.

“Gerakan Serentak Penanaman Pohon dan Kebersihan yang di ikuti oleh 265 desa dan 15 kecamatan serta gerakan bersih-bersih di seluruh Kantor Organisasi Perangkat Daerah Se-Kabupaten Wonosobo dilatarbelakangi oleh adanya isu erosi dan sedimentasi di Sungai Serayu, yang saat ini sudah menjadi isu Nasional yang diprediksi akan berpengaruh terhadap produksi listrik di PLN Mrica dan Bendung Gerak Serayu”, ungkap Widi.

“Disamping itu, Gerakan ini juga dilatar belakangi oleh isu perubahan iklim secara Global yang dampaknya adalah terganggunya ekosistem, kondisi cuaca ekstrim serta terganggunya sistem tata air Daerah Aliran Sungai (DAS), terutama DAS Serayu yang saat ini sudah mengalami degradasi dan deforestasi serta ancaman terjadinya bencana alam, baik banjir, tanah longsor dan kekeringan, serta dampak negatif yang saat ini mulai dapat di identifikasi adalah terganggunya ekosistem/biota sungai”, pungkas Widi.

Pada kesempatan yang sama Bupati Wonosobo, H. Afif Nurhidayat, S. Ag memberikan apresiasi positif Gerakan Serentak Penanaman Pohon dan Kebersihan yang di ikuti oleh seluruh desa/kelurahan dan kecamatan serta kantor-kantor di Lingkungan Pemerintah Daerah dalam rangka meningkatkan kepedulian seluruh elemen serta masyarakat dalam merawat alam.

“Saya memberikan apresiasi positif Gerakan Serentak Penanaman Pohon yang diikuti oleh seluruh desa/kelurahan dan kecamatan di Kabupaten Wonosobo ini, sebagai salah satu cara kita untuk meningkatkan kepedulian seluruh elemen dan masyarakat dalam merawat alam, namun demikian saya berpesan agar supaya apa yang telah ditanam untuk dirawat agar tidak mati dan hilang serta berkelanjutan. Ke depan saya berharap penanaman pohon serentak atau penghijauan untuk dapat digalakkan di semua sekolah-sekolah, agar supaya tempat belajar menjadi tempat yang ASRI, sehingga anak-anak akan nyaman dan betah di sekolah, dengan demikian akan mendukung proses belajar-mengajar di sekolah, lebih jauh lagi dengan sekolah menanam dapat dijadikan sebagai ruang pembelajaran yang baik buat anak-anak kita, menanamkan sejak dini untuk mencintai alam”, tandas Afif.

“Kembali saya tekankan, bahwa penanaman dan pelestarian lingkungan hidup, termasuk didalamnya pelestarian DAS Sungai Serayu harus kita lakukan, meskipum saat ini Wonosobo masih berkecukupan air, akan tetapi kalau tidak kita rawat dengan baik dapat terjadi berbagai permasalahan yang akan muncul seperti erosi atau berkurangnya cadangan air kita. Ke depan, saya berharap pelestarian sungai akan kita lakukan tidak hanya di DAS Serayu, akan tetapi di semua sungai di Kabupaten Wonosobo”, imbuh Afif.

“Di samping itu, saya juga sangat mendukung dengan terlaksananya kegiatan bersih-bersih kantor di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo, saya harap kegiatan yang sudah mulai digalakkan di lingkungan RT/RW dan dusun dalam waktu dekat ini untuk diserentak-kan di seluruh lingkungan di Kabupaten Wonosobo”, ungkap Afif.

Dalam rangkaian Cinta Sungai Serayu melalui  berbagai kegiatan maupun melalui kegiatan Gerakan Serentak Penanaman Pohon dan Kebersihan telah dilakukan penebaran 2000 benih bibit ikan, penanaman 15.560 pohon dari jenis Rumput Vetiver, Aren, Beringin, Gayam, Salam, Gmelina, Jabon, Cemara serta pelepasa 33 burung Sagon, Toli-toli, Korlap, Sirtu, Cipar, Takur, Deruk ana dan Trucuk ana.

 

Informasi ini juga dapat dilihat di :

Gerakan Serentak Penanaman Pohon Dan Kebersihan

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *