Gerimis Mesra Berikan Penghargaan Bukan Bantuan

Setelah beberapa waktu lalu di lounching, Gerakan Entas Kemiskinan Menuju Sejahtera (GERIMIS MESRA) yang merupakan program baru untuk ikut mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Wonosobo, mulai menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.
Wakil Bupati Wonosobo, Drs. Muhammad Albar, MM, beberapa waktu lalu, Rabu (9/3) bertempat di balai Desa Slukatan Mojotengah, saat menyalurkan bantuan dari program Gerimis Mesra menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua elemen seperti ASN, BUMN, BUMD, Swasta dan juga perorangan yang ikut peduli berikhtiar mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Wonosobo.
Albar juga menyampaikan bahwa apa yang dilakukan oleh pemerintah melalui Gerimis Mesra , diharapkan bisa menggugah kesadaran dari masyarakat bahwa masih banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan kita.


Gerimis Mesra dalam mengumpulkan dan menyalurkan bantuan, harus dilaporkan kepada BAPPEDA. “Bappeda untuk terus mengawal program ini, agar tidak terjadi tumpang tindih dengan program program lain dari pemerintah dalam menyalurkan bantuannya, semua harus dilaporkan kepada Bappeda. Semua harus dilakukan dengan transparan dan terbuka, sehingga niat tulus dari masyarakat untuk ikut membantu mengentaskan kemiskinan di Wonosobo bisa tumbuh,” ungkap Wabup.
Wabup juga menambahkan bahwa apa yang dilakukan oleh Gerimis Mesra ini bukan sebagai bantuan, tapi ini merupakan penghargaan. “filosofinya, yang diberikan oleh Gerimis Mesra bukan merupakan bantuan, tetapi sebagai penghargaan dan semangat untuk kita bangkit bersama sama dari kemiskinan, dimana semangat itu bisa dimulai dari diri kita sendiri,” jelas Albar
“ini merupakan langkah awal yang baik, memang kali ini kita fokuskan untuk memberikan penghargaan dan penyemangat dalam bentuk sembako. Tetapi masalah kemiskinan tidak hanya masalah pangan saja tetapi masih banyak faktor lain. Oleh karena itu kedepan semoga akan lebih baik lagi, sehingga tidak hanya masalah pangan untuk perbaikan gizi saja, tetapi bisa menyasar maslah perumahan, pendidikan maupun kesehatan yang merupakan faktor penting untuk mengentaskan kemiskinan,” pungkas Wabup.
Sementara pada kesempatan itu, kepala Bappeda Kabupaten Wonosobo, Jaelan, juga menyampaikan bahwa Gerimis Mesra yang diluncurkan oleh Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Wonosobo ini latarbelakangnya adalah ingin masyarakat sejahtera. “seperti visi pemerintahan dibawah kepemimpinan Afif-Albar yang dituangkan dalam RPJMD 2021-2026 juga ingin mewujudkan wonosobo yang berdaya saing maju dan sejahtera. Jadi ujung yang ingin kita capai adalah bagaimana masyarakat bisa sejahtera,” jelas Jaelan.


Terkait Gerimis Mesra, Jaelan juga menyampaikan bahwa dalam mengumpulkan sumbangan tidak berupa uang, karena itu sangat beresiko. Tetapi sumbangan yang dikumpulkan dalam wujud barang, seperti beras, telur, minyak goreng. Memang sekarang yang dilakukan oleh Gerimis Mesra baru menjangkau kebutuhan yang paling dasar, yaitu makanan. Tetapi tidak menutup kemungkinan kedepan bisa menjangkau masalah perrumahan, pendidikan, maupun kesehatan. Karena itu merupakan kebutuhan dasar yang harus kita penuhi.
Untuk sasaran dari progran Gerimis Mesra sendiri adalah memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan di 25 Desa dengan kemiskinan ekstrim di 15 Kecamatan.
Untuk tahap pertama dari program Gerimis Mesra ini menyalurkan bantuan bagi 398 warga yang membutuhkan di 10 Desa. “alhamdulillah di tahap pertama ini, dalam 1 minggu pengumpulan bisa terkumpul sebanyak 3.985 Kg beras, 440 Kg telor, 332 liter minyak goreng, 521 Kg ikan asin, 117 kaleng sarden, 10 Kg Gula Pasir, 2 Dus mie instan, 1 Dus sosis, 1 Dus Kecap. Semua didistribusikan di 10 Desa dengan kemiskinan ekstrem,” pungkas Jaelan.
“kelihatannya Gerimis Mesra ini seperti kegiatan jangka pendek, tetapi sesara substansif dan secara filosofisnya ini upaya untuk membangkitkan kesadaran kita semua bahwa kita punya masalah dan kita bisa berpartisipasi, berperan serta sekecil apapun, tidak hanya berpangku tangan untuk mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Wonosobo,” pungkas Jaelan.

Informasi ini juga dapat dilihat di :

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *