Satu Hektar Lahan, Bisa Hasilkan 40-60 Ton Daun Bawang Dalam Satu Hari Panen


Bupati Afif Nurhidayat didampingi Kepala Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan (Dispaperkan) Dwiyama, Kepala Disdagkop UKM Bagiyo Sarastono, Camat Kalikajar, Kades Kwadungan, Instansi terkait serta para petani desa setempat, melaksanakan panen raya daun bawang di lahan pertanian lereng Gunung Sumbing Desa Kwadungan Kecamatan Kalikajar, rabu (2/2).

Menurut Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Among Tani Kalikajar, Bagus Setyo menjelaskan bahwa setiap 1 hektar lahan yang dipanen di desa Kwadungan rata-rata dapat menghasilkan 40 ton daun bawang, namun tiap harinya lahan yang dipanen oleh petani setempat mampu menghasilkan lebih, dari 1 hektar lahan dengan hasil panen kurang lebih 50-60 ton. Desa Kwadungan Kecamatan Kalikajar menjadi salah satu desa sentra penghasil daun bawang super yang hasil produksinya tidak hanya didistribusikan ke Wonosobo dan sekitarnya tetapi langsung sampai ke pasar ibukota Jakarta. Sehingga menjadikan desa ini sebagai pemasok daun bawang Nasional.

“Yang kita panen hari ini luasnya satu hektar, itu hasil dari ubinan kami, dari 2,5 x 2,5 itu 45 Kg untuk dikonversi satu hektare dikali seribu enam ratus, dan dikurangi luasan tanah efektif 20 persen dan menghasilkan 57,6 ton, kalau kebiasaan petani daerah sini rata-rata 40 ton perhektar, jadi ini lebih tinggi dari biasanya, namun rata-rata dalam satu desa ini sekitar 50 sampai 60 ton dalam satu hari panenan jadi bertahap terus,” ungkap Bagus. 

Bagus menambahkan di desa kwadungan sendiri ada kurang lebih 300 hektar yang siap panen setiap hari. “Di desa Kwadungan sini keseluruhanya ada sekitar tigaratusan hektar yang siap stiap hari panen, karena panen daun bawang ini kan sebagian bisa langsung penanaman bibit, sehingga bertahap ada terus panenanya,” ujarnya.

Sementara pada kesempatan itu Bupati Afif Nurhidayat menyampaikan apresiasi atas panen raya yang cukup melimpah kali ini. Sembari berharap para petani untuk terus mengembangkan dan meningkatkan produktifitasnya. Walau saat ini sudah melebihi hasil sebelumnya namun mereka harus tetap melakukan inovasi agar hasil panenya bisa semankin meningkat.

“Alhamdulillah panen kali ini cukup melimpah, setelah dilakukan ubinan dari dinas pertanian dan kreatifitas para petani saat ini saya rasa hasilnya cukup luar biasa yang bisa melebihi dari panen sebelumnya. Namun saya berharap para petani harus terus berinovasi untuk peningkatan dan kualitas produktifitasnya. Dari hasil ini tentunya harapan kami adalah kedepan terus ada peningkatan,” ungkap Bupati.

Mas Afif tak lupa mengingatkan, agar para petani senantiasa bersyukur dalam meraih keberkahan dari hasil panen ini. “Dan jangan lupa untuk tetap bersyukur agar tetap bersama barokah-Nya, ingat dari hasil ini ada sebagian milik para fakir miskin, jadi mari salurkan dengan zakat, sehingga ini akan mendatangkan barokah, keberkahan yang luar biasa sehingga panen akan semakin melimpah dan membawa kebahagiaan serta kemakmuran bagi masyarakat Kwadungan dan sekitarnya, Aamiin,” Pungkas Mas Afif.

Informasi ini juga dapat dilihat di :

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *