Santri Gayeng Nusantara 3 Kabupaten Resmi Dilantik

Santri Gayeng Nusantara (SGN) siap bersinergi dengan pemerintah untuk berkontribusi positif dalam pembangunan bangsa dan kemaslahatan masyarakat Indonesia.
Hal itu disampaikan Panglima Santri Gayeng Nusantara yang juga Wakil Gubernur Jawa Tengah H. Taj Yasin Maimoen usai melantik Pengurus Santri Gayeng Nusantara 3 Kabupaten, Wonosobo, Temanggung dan Banjarnegara periode 2021-2026, bertempat di pendopo Bupati Wonosobo, Selasa (15/2).
Gus Yasin, juga menyampaikan bahwa kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari peran penting para ulama begitu juga dengan para santri. Jiwa-jiwa jihad yang dimiliki masyarakat dan pemimpin Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia yang tak lepas dari ajaran agama Islam yang disampaikan para ulama dan santri yang menjadi tangan kanannya.


“Keberadaan santri saat ini diharapkan berkembang semakin besar. Terlebih di era digital sekarang, banyak santri yang merambah ke berbagai bidang, baik kesehatan, ekonomi, dan lainnya apalagi peran santri dalam penanganan kasus Covid-19 di Indonesia,” ungkap Gus Yasin.
Sebagai panglima Santri Gayeng Nusantara, Gus Yasin juga menjelaskan, banyak program dari SGN yang bisa disinergikan dengan pemerintah untuk kemajuan pembangunan bangsa. Pengurus SGN yang tersebar di 35 kabupaten/kota akan selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat mengenai berbahai hal yang bisa dikerjasamakan, baik bidang sosial, ekonomi, keagamaan, kesehatan, dan sebagainya.
“Santri Gayeng Nusantara adalah organisasi sosial ekonomi bukan politik. Kita bergerak dalam mensejahterakan masyarakat melalui bidang ekonomi, UMKM, juga bidang kesehatan.Terutama saat pandemi seperti sekarang, Santri Gayeng di tiap Kabupaten diharapkan bisa mengisinisiasi melalui berbagai aksi,” ungkap Gus Yasin.
“Para anggota SGN juga bisa memahamkan kepada masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan, serta membantu pemerintah kabupaten dalam menanggulangi penyebaran Covid-19,” pungkas Gus Yasin.
Hal senada juga disampaikan oleh Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, S.Ag, bahwa saat ini santri harus mengambil peran dalam mengisi kemerdekaan, turut membantu dan berkontribusi positif dalam pembangunan bangsa serta kemaslahatan masyarakat Indonesia.


“Diharapkan SGN dapat bekerjasama secara aktif dengan pemerintah setempat dalam berbagai kegiatan dalam rangka mendukung berbagai kebijakan pemerintah,” ungkap Bupati.
Afif juga menyampaikan dengan adanya SGN di Wonosobo, maka semakin bertambah mitra kerja untuk bersama-sama melayani masyarakat. Kedepan SGN diharapkan dapat terus bersama membantu pemerintah mengatasi berbagai persoalan, sekaligus memberi sumbang pemikiran dan saran serta solusi untuk menyelesaikannya.
“Saya berharap seluruh pengurus SGN dapat berperan aktif bersama pemerintah, selalu memberikan contoh kepada masyarakat dalam berpartisipasi dan mengamalkan Amar Ma’ruf Nahi Mungkar, serta memberikan teladan untuk menjadi orang-orang yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain,” pungkas Bupati.

Informasi ini juga dapat dilihat di :

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *