Lonjakan Kasus Covid 19 Yang Tinggi Jadi Keprihatinan Bersama

Dinamika perkembangan kasus covid-19 sangatlah terasa, terutama saat ini dimana per 22 Februari 2022 kasus aktif di Wonosobo mencapai 1.280 kasus, dengan kenaikan ratusan kasus per hari. “Saya harap hal ini tidak mengecilkan semangat Saudara, karena perjuangan kita belum berakhir, masyarakat masih membutuhkan pertolongan kita untuk bangkit kembali dari situasi yang belum menentu ini,” demikian disampaikan Bupati Wonosobo, dihadapan peserta Apel Satgas Covid 19 Kabupaten Wonosobo. Bertempat di halaman pendopo Bupati, Rabu (23/2).
Pada kesempatan itu Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, S.Ag, juga menyampaikan meski gelombang ketiga telah diprediksi akan terjadi, namun tidak dapat dipungkiri bahwa lonjakan kasus yang tinggi dalam jangka waktu yang relatif singkat, selalu menjadi keprihatinan bersama. “Untuk itu, pemerintah telah menerbitkan Instruksi Bupati Nomor 0189 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan PPKM Level 3 di Kabupaten Wonosobo, sebagai salah satu langkah pencegahan penularan Covid-19 yang lebih massif,” ungkap Bupati.
Bupati juga menyampaikan, peran Pengawas Protokol Kesehatan beserta segenap anggota POLRI dan TNI disegala jenjang, akan semakin vital dan strategis. Apalagi mengingat semangat masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan semakin mengendor saat ini, untuk itu harus kembali diingatkan dan diberikan sosialisasi, mengenai peraturan terbaru Pemerintah Kabupaten Wonosobo tentang peningkatan level PPKM Wonosobo sekarang, yang naik ke level 3.
“Saya harap pengetatan penerapan protokol kesehatan ini dilakukan secara humanis, serta menerapkan strategi yang dinilai dapat memberikan efek jera bagi pelanggar, namun tidak menimbulkan kerugian yang terlalu luas atau besar,” ungkap Afif.
Penanggulangan penularan Covid-19 bukan hanya tergantung pada peran Pemerintah Daerah, TNI, POLRI, maupun instansi terkait semata. Lebih luas lagi, masyarakat memiliki peran terbesar dalam menghentikan penyebaran dan penularan Covid-19.
“Di manapun Saudara sekalian berada, selalu ingatkan masyarakat untuk mematuhi himbauan pemerintah, serta menerapkan protokol kesehatan secara baik dan benar. Jangan panik, tapi jangan juga abai,” harap Bupati.
Pada apel tersebut juga diserahkan piagam penghargaan kepada tim Satgas Covid 19, yang sejak kemunculan Covid-19 telah berperan aktif serta berkontribusi dalam pencegahan dan penanggulangannya, melalui sinergitas yang tidak mengenal lelah dengan memberikan edukasi kepada masyarakat, hingga memberikan penanganan dan perawatan kepada masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19.
“Penghargaan ini sudah sepantasnya diterima oleh Saudara, sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah atas jasa dan pengorbanan Saudara selama ini. Mudah-mudahan kontribusi yang telah Saudara berikan menjadi berkah, mencapai kemanfaatan yang luas, serta dicatat sebagai amal ibadah oleh Allah SWT. Kedepan, saya mengajak Saudara untuk menguatkan sinergitas lintas sektor, sehingga mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Wonosobo dapat kita putus untuk seterusnya,” pungkas Bupati.

Informasi ini juga dapat dilihat di :

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *