Lama Vakum, PRSI Bangkit Lagi

Pemerintah Kabupaten mengapresiasi dan mendukung penuh pengurus Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kabupaten Wonosobo untuk mencetak generasi berprestasi melalui cabang olahraga (cabor) Renang. Pasalnya, masyarakat menaruh harapan besar mampu mengangkat dan mengharumkan nama Wonosobo di kancah nasional maupun internasional, ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Wonosobo, One Andang Wardoyo, dalam sambutannya saat melantik pengurus PRSI Kabupaten Wonosobo periode 2021-2025 di Pendopo Bupati, Rabu, (02/02).
Pada Kesempatan itu Sekda juga menyampaikan bahwa Indonesia merupakan Negara Maritim atau Kelautan, begitu juga dengan Kabupaten Wonosobo yang dekat dengan air serta memiliki Sumber Daya Air yang melimpah. Namun demikian kita menghadapi kenyataan, sebagai Negara Maritim dan daerah yang kaya akan Sumber Daya Air, akan tetapi disatu sisi ternyata banyak yang tidak dapat berenang serta mengakibatkan Olahraga Akuatik, khususnya Renang tidak populer di masyarakat.


“ini merupakan pekerjaan rumah yang cukup besar terutama bagi PRSI, KONI, dan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga, untuk senantiasa membina dan mendorong atlit-atlit cabang olahraga Renang sejak usia dini, sehingga mampu meningkatkan prestasi dari generasi ke generasi dimulai dengan menumbuhkan serta memasyarakatkan minat terhadap olahraga Renang,” ungkap One Andang.
Selain itu, PRSI juga harus mampu membangun koordinasi yang solid dengan pemkab, stakeholder, serta swasta sehingga berdampak positif bagi pembangunan olahraga di Wonosobo. “Pengelolaan olahraga tidak bisa dilakukan secara sepihak tapi perlu sinergitas yang kuat antar pihak, ini harus dilakukan guna mendukung pengembanghan prestasi olahraga du Wonosobo dengan harapan mampu mencetak bibit-bibit generasi unggul dan berprestasi,” pungkas Sekda.
Sementara itu, Ketua Pengurus PRSI Kabupaten Wonosobo Suyono menyampaikan, sejak 2017 PRSI mengalami sleeping walk atau kevakuman dalam kepengurusan dan pembinaan atlit. Ia berharap melalui upaya memajukan olahraga renang yang sudah direncanakan pada 3 Januari 2022, mampu mewujudkan olahraga renang di Wonosobo yang maju dan berkembang.


“setelah lama vakum, PRSI kini bangkit lagi untuk memajukan olahraga renang di Wonosobo. Dengan upaya yang sudah dan akan dilakukan, diantaranya inventarisasi kolam renang, pembentukan tim inti PRSI, pengiriman event tingkat provinsi dan internasional, pengadaan sarana prasarana yang memadai, menggelar diklat pelatihan guru olahraga dengan harapan mencetak atlit yang professional,” jelas Suyono.
Sependapat dengan Suyono, Ketua Pengurus PRSI Provinsi Jawa Tengah Hartadi Nurjoyo mendukung patriot-patriot asli Wonosobo untuk membawa nama daerahnya lebih harum lagi dengan melaksanakan Peraturan Presiden No 86 Tahun 2021 Tentang Desain Besar Olahraga Nasional. “instrumen terpenting untuk pendidikan karakter bangsa adalah olahraga dengan integritas dan dukungan semua pihak sehingga dapat menghasilkan atlit yang handal,” pintanya.

Informasi ini juga dapat dilihat di :

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *