Targetkan Percepatan Penyusunan Peta Proses Bisnis, Standar Operasional Prosedur dan Standar Pelayanan di Triwulan Pertama 2022, Bagian Organisasi Gelar Rakor Pelayanan Publik dan Tata Laksana

Drs. Supriyadi, M.M. selaku Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Wonosobo membuka Rapat Koordinasi Pelayanan Publik dan Tata Laksana Tahun 2022 bertempat di Ruang Rapat Mangoenkoesoemo Sekretariat Daerah (25/1). “Pada 12 Januari lalu, kami mewakili Pemerintah Kabupaten Wonosobo menerima rapot dari Ombudsman RI (ORI) Perwakilan Jawa Tengah terhadap hasil Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik kita berada di Zona Kuning dengan empat Perangkat Daerah sebagai sampelnya”, tegas Asisten Administrasi Umum.

Keempat Perangkat Daerah yang ditunjuk sebagai sampel adalah @disdikporawsb @promkeskabwonosobo @dpmptsp_wonosobo dan @disdukcapilwonosobo yang menunjukkan angka penilaian 59,35 sedangkan untuk mencapai Zona Hijau paling tidak harus mencapai angka 89,00.

Kedepannya ORI menargetkan semua Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah di Indonesia berada di Zona Hijau maksimal pada Tahun 2024. Dalam mencapai target tersebut, Pemerintah Kabupaten Wonosobo mendorong seluruh Unit Penyelenggara Pelayanan (UPP) untuk segera menyusun Standar Pelayanan paling lama selesai pada Maret 2022.

Dalam Standar Pelayanan, terdapat enam komponen service delivery yang wajib dipublikasikan kepada masyarakat meliputi:

1. Persyaratan;

2. Sistem, Mekanisme dan Prosedur;

3. Jangka Waktu Penyelesaian;

4. Biaya/Tarif;

5. Produk Layanan; dan

6. Sarana Aduan.

“Saat ini masih banyak Perangkat Daerah maupun UPP yang kesulitan membedakan antara Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Standar Pelayanan (SP), SOP digunakan sebagai pedoman oleh internal organisasi dalam membagi tugas siapa melaksanakan apa dalam suatu proses kegiatan, sedangkan sistem, mekanisme dan prosedur pada SP adalah panduan bagi pengguna layanan mulai datang untuk mengajukan permohonan layanan sampai menerima produk layanan yang dibutuhkannya”, tegas Endang Lisdiyaningsih, S.Hut, M.M. selaku Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Wonosobo.

Guna mendukung capaian target tersebut Bagian Organisasi akan melaksanakan Desk Identifikasi Peta Lintas Fungsi untuk Peta Proses Bisnis Pemerintah Kabupaten Wonosobo, Standar Operasional Prosedur dan Standar Pelayanan pada Februari – Maret 2022. Standarisasi yang jelas dapat mengoptimalkan pelayanan publik bagi masyarakat seperti kemudahan layanan administrasi baik perizinan maupun non perizinan. Proses tersebut akan mendukung pembangunan daerah secara cepat dan mudah, transparan, efektif, efisien, akuntabel, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Informasi ini juga dapat dilihat di :

https://www.instagram.com/p/CZOp4pZFAoE/?utm_medium=copy_link

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *