Setelah 1 Tahun Vaksinasi Dicanangkan, Kini Giliran Anak Usia 6-11 Tahun

Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Wonosobo telah melalui proses panjang sejak awal dicanangkannya, yakni secara bertahap sejak bulan Januari tahun 2021, yang dimulai dari tenaga kesehatan, pelayan publik, lansia, masyarakat umum dan remaja. Setelah 1 tahun berjalan, kini giliran anak usia 6-11 tahun mulai di vaksinasi.
Dimulainya vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun, ditandai dengan pencanangan yang dilakukan langsung oleh Bupati Wonosobo, beserta jajaran Forkopimda. Bertempat di SD Negeri 5 Wonosobo, dan dilanjutkan peninjauan ke SD Negeri 10 dan SD Negeri 1 Wonosobo, Kamis (6/1).


Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, S.Ag, pada pencanangan menyampaikan bahwa vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun dimulai dengan pelaksanaan Kick Off pada Kabupaten/Kota yang telah mencapai cakupan vaksinasi diatas 70% untuk vaksinasi dosis pertama, dan cakupan vaksinasi lanjut usia mencapai diatas 60%. “Berdasarkan data sampai dengan 5 Januari 2022 di Kabupaten Wonosobo, cakupan vaksinasi dosis 1 telah mencapai 74,15%, dan cakupan vaksinasi lansia dosis 1 telah mencapai 72,71%, sehingga Kabupaten Wonosobo saat ini dapat mulai menyelenggarakan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun,” jelas Bupati.
Pada kesempatan itu Bupati juga menyampaikan bahwa vaksinasi anak usia 6-11 tahun bertujuan untuk mencegah sakit berat dan kematian pada anak yang terinfeksi Covid-19, mencegah penularan anggota keluarga dan saudaranya yang belum dapat vaksinasi, mendukung pembelajaran tatap muka, meminimalkan penularan di sekolah, dan mempercepat tercapainya Herd Immunity yang telah kita cita-citakan sejak awal dimulainya vaksinasi.
Di sela sela kegiatan vaksinasi, Afif Nurhidayat, menyampaikan bahwa vaksinasi kepada anak anak harus dibuat berbeda. Ciptakan suasana yang menyenanggkan dan menggembirakan, agar anak anak tidak takut untuk divaksin.
“Hari ini kita mulai vaksinasi anak-anak usia 6-11 tahun di Wonosobo. Alhamdulillah sambutan dari wali murid juga sangat luar biasa, mereka mendukung anak-anaknya untuk divaksin. Tadi kami juga mendampingi anak-anak yang divaksin, mereka senang dan tidak takut. Karena anak-anak ini ingin sehat dan kembali sekolah seperti biasa,” pungkas Bupati.


Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo, dr. M. Riyatno, menyampaikan bahwa Kabupaten Wonosobo sudah bisa melakukan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun, setelah pada pertengahan Desember 2021 memperoleh rekomendasi dari kementerian Kesehatan karena cakupan vaksin dosis 1 saat ini telah mencapai lebih dari 74 persen. Sedangkan ketentuan dari Kemenkes adalah lebih dari 70 persen. Kemudian cakupan vaksinasi lansia dosis satu mencapai lebih dari 72 persen dari ketentuan Kemenkes yaitu minimal 60 persen.
dr. Riyatno juga menyampaikan bahwa vaksinasi bagi anak usia 6-11 ini akan menyasar sekitar 90 ribu sasaran. “setelah kita berkoordinasi dengan Disdikpora dan Kemenag maka sasaran yang akan kita vaksinasi sekitar 90 ribu anak usia 6-11 tahun yang bersekolah, dan ditargetkan selesai di bulan Januari ini untuk dosis 1,” ungkap Riyatno.
“selain itu juga dilakukan koordinasi dengan para Camat dan Kepala Desa agar mengikutkan anak anak usia 6-11 tahun yang kurang beruntung tidak sekolah agar ikut disertakan dalam vaksinasi ini. Sehingga anak usia 6-11 tahun di Wonosobo bisa ter vaksinasi,” pungkas Riyatno.

Informasi ini juga dapat dilihat di :

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *