Panitia Adjudikasi PTSL Tahun 2022 Di Kukuhkan

Terbentuknya Panitia Adjudikasi PTSL Tahun 2022, yang melibatkan Kantor Pertanahan, ASN dan Pemerintah Desa, sangat diapresiasi Bupati dan berbagai pihak, karena merupakan bentuk komitmen bersama dalam mewujudkan transparansi. “Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Wonosobo, saya memberikan apresiasi positif atas terbentuknya Panitia Adjudikasi PTSL Tahun 2022, yang melibatkan Kantor Pertanahan, ASN dan Pemerintah Desa, karena ini merupakan bentuk komitmen bersama dalam mewujudkan transparansi,” demikian disampaikan Bupati Wonospbo Afif Nurhidayat saat menghadiri acara Pengangkatan Sumpah Panitia Adjudikasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Ballroom Hotel Kresna, selasa (18/ 1).

Bupati menegaskan Pemerintah Kabupaten Wonosobo mendukung secara positif terselenggaranya program PTSL tersebut. “Saya menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Wonosobo berkomitmen untuk membantu keberlangsungan program pengurusan sertifikat ini, sesuai kewenangan serta berdasarkan situasi, kondisi, dan sumber daya yang dimiliki pemerintah daerah,” tegas Bupati.

Kepemilikan sertifikat tanah menurut Bupati mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, karena keberadaan sertifikat memberikan kekuatan hukum atas kepemilikan tanah, serta menjadi salah satu faktor pendukung perencanaan pembangunan daerah. Selain itu dengan adanya program ini, potensi sengketa tanah akan jauh berkurang, serta masyarakat dapat mengoptimalkan pemanfaatan tanahnya.

“Pelaksanaan program PTSL telah kita ketahui dan rasakan manfaatnya bersama. Seperti yang kita ketahui, kepemilikan sertifikat tanah mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, karena keberadaan sertifikat memberikan kekuatan hukum atas kepemilikan tanah, serta menjadi salah satu faktor pendukung perencanaan pembangunan daerah. Disamping itu, kasus sengketa dan konflik pertanahan banyak terjadi di Indonesia, sehingga dengan adanya program ini, potensi sengketa tersebut akan jauh berkurang, serta masyarakat dapat mengoptimalkan pemanfaatan tanahnya,” tegas Bupati.

Bupati beeharap kolaborasi tersebut mampu meningkatkan efektivitas proses berjalanya PTSL Tahun 2022. “Selamat atas dilantiknya Saudara sekalian, saya harap pelibatan lintas instansi ini dapat meningkatkan efektivitas berjalannya program PTSL Tahun 2022 mendatang. Kedepan saya harap Pemerintah Kecamatan dan Desa dapat turut mendukung suksesnyaa program PTSL Tahun 2022,” ucap Mas Afif.

Kepada panitia Adjukasi Bupati berpesan, “saya berpesan kepada Panitia Adjudikasi PTSL Tahun 2022, untuk dapat bekerja dengan baik, memegang prinsip transparansi serta keterbukaan informasi dengan baik. Saudara memegang peranan vital dalam pelaksanaan program PTSL, yakni sebagai investigator yang meneliti dan mencari kebenaran formal bukti kepemilikan hak atas tanah, data-data yuridis awal yang dimiliki pemegang hak atas tanah harus diketahui secara akurat, maka menjadi insan yang amanah adalah suatu keharusan. Jangan goyah, selalu terapkan prinsip-prinsip critical thinking dan kejujuran, untuk menjadi investigator yang berkredibilitas tinggi,” pesanya.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penyerahan sertifikat tanah aset Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo. “Saya mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada segenap jajaran Kantor Pertanahan Kabupaten Wonosobo, atas terbitnya sertifikat aset Pemerintah Kabupaten Wonosobo.

Informasi ini juga dapat dilihat di :

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *