Gerai Pelayanan Publik Merupakan Embrio Dari Mall Pelayanan Publik

Menempati eks Gedung Korpri, di jalan Soekarno-Hatta No.5, Gerai Pelayanan Publik Kabupaten Wonosobo resmi di lounching oleh Bupati Wonosobo, Rabu (12/1).
Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, S.Ag, pada kesempatan itu menyampaikan, pembangunan Mall Pelayanan Publik membutuhkan persiapan dan jalan yang panjang. Dengan pendirian Gerai Pelayanan Publik sebagai embrio awalnya menjadi langkah yang tepat. Sistem yang diadopsi pada Mall Pelayanan Publik yang representatif nantinya tentu harus diujicobakan sebelumnya, sehingga berbagai kelemahan dapat teridentifikasi sejak awal, dan dapat disusun sistem serta strategi yang lebih efektif dan efisien.


Keberadaan Gerai Pelayanan Publik diharapkan bisa menjadi jembatan layanan masyarakat untuk mempermudah perizinan serta layanan dalam satu atap.”Ini didasarkan kebutuhan mencari tempat untuk permudah layanan. Di Gerai Pelayanan Publik Wonosobo ada 10 layanan dan kemungkinan akan dibangun di mendolo untuk Mall diawali dari gerai. Harapannya dengan gerai ini masyarakat merasakan perbedaannya. Semua layanan cepat dan yang selama ini dianggap lama bisa lebih cepat karena yang jalan sistemnya,” ungkap Bupati.
Diharapkan dibukanya Gerai Pelayanan Publik jadi motivasi bagi masyarakat dan OPD, agar jangan sampai kedepannya ada proses-proses yang terhambat dan menjadi kepuasan untuk masyarakat. “Ini sebagai wujud respon cepat dari pemerintah serta wujud bahwa Wonosobo ramah investasi. Dan mohon disampaikan ke masyarakat lewat kecamatan, desa dan kanal kanal informasi,” tutur Afif.
Pelayanan yang disediakan meliputi Dinas Kesehatan, DPMPTSP, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Dukcapil, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sosial PMD, Dinas Perkimhub dan Dinas Perindagkop UKM. Sedangkan layanan lain dari Dekranasda dan Dinas Arpursda.
Mall Pelayanan Publik (MPP) dikonsep sebagai tempat berlangsungnya kegiatan atau aktivitas penyelenggaraan pelayanan publik, baik atas barang jasa maupun pelayanan administrasi. Yang merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu baik pusat maupun daerah, serta pelayanan Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah dan Swasta dalam rangka menyediakan pelayanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman dan nyaman.


“Untuk itu, embrio ini saya harap memasuki masa perkembangan yang semakin baik setiap harinya, dengan penyelenggara pelayanan yang profesional dan responsif. Pembekalan berupa pelatihan yang telah terselenggara beberapa waktu lalu, saya harap dapat menambah kemampuan seluruh petugas Gerai Pelayanan Publik, dalam merespons kebutuhan dan permintaan masyarakat. Tunjukkan etika pelayanan dan performa yang baik, tidak hanya pada awal dibukanya Gerai Pelayanan Publik ini, namun untuk seterusnya hingga didirikan Mall Pelayanan Publik yang sesungguhnya,” ungkap Afif.
“Gerai Pelayanan Publik merupakan versi awal dari Mall Pelayanan Publik, namun saya tekankan lagi bahwa pelayanan yang diberikan harus profesional, sungguh-sungguh dan sepenuh hati, sebagai bentuk komitmen kita terhadap pelayanan prima,” pungkas Bupati.

Informasi ini juga dapat dilihat di :

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *