Bupati Minta Kades PAW Segera Berkonsolidasi Dan Adaptasi Untuk Bekerja

Enam Kepala Desa Pergantian Antar Waktu (PAW) tahun 2021 resmi dilantik Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat di pendopo Bupati Senin (13/12). Pelantikan dihadiri anggota Forkopimda serta instansi terkait. Para kades tersebut diminta melakukan konsolidasi dan segera beradaptasi untuk langsung bekerja, melaksanakan tugas pemerintahan diwilayahnya masing-masing. “Segera lakukan konsolidasi, segera adaptasi dan segera bekerja melaksanakan tugas pemerintahan diwilayahnya masing-masing,” tegas Bupati saat berikan sambutan.

Ada beberapa hal yang disampaikan Bupati. Kades terpilih diminta segera lakukan penyatuan dan eratkan kembali masyarakat, karena Kepala Desa adalah pelayan masyarakat yang wajib melayani masyarakatnya tanpa memandang status, profesi, bahkan ikatan sosial. Pesan lainya terkait Wonosobo yang masih punya pekerjaan rumah besar yaitu pengentasan kemiskinan, Bupati minta untuk lakukan kegiatan-kegiatan peningkatan lama sekolah, rehab rumah warga miskin, jambanisasi, dan pendampingan ibu hamil serta anak balita untuk mencegah stunting. Selain itu Kades PAW diminta untuk melaksanakan Pengelolaan Keuangan Desa melalui Dana Transfer ke Desa dengan baik dan transparan, hindarkan diri dari perilaku korupsi,
Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi serta koordinasi dengan Camat apabila terdapat permasalahan di desa ataupun hal-hal lain yang memerlukan petunjuk lebih lanjut.

“Saya minta para Kepala Desa yang dilantik hari ini untuk memedomani Peta Kerja Batas Desa masing-masing, sehingga Saudara dapat memahami secara menyeluruh baik aset maupun potensi sumber daya yang ada, serta menyusun rencana strategis atas pemberdayaan serta pengembangan potensi tersebut,”pinta Bupati.

Disisi lain Bupati mengungkapkan pihaknya sempat khawatir dengan adanya pergantian antar waktu hasil musyawarah desa ini, namun dengan dukungan masyarakat dan peran dari semua pihak proses musyawarah berjalan dengan baik dan menghasilkan keputusan yang baik pula. “Kami sempat ketar ketir dibeberapa wilayah, dan karena ini baru pertama kali dilakukan, namun alhamdulillah semua berjalan lancar,” ungkapnya.


Bupati berikan apresiasi positif atas proses musyawarah tersebut, yang secara garis besar berjalan aman lancar dan kondusif dengan tingkat partisipasi peserta pada Musyawarah Desa dalam penentuan Calon Kepala Desa Terpilih cukup tinggi. “Kita perlu berikan penghargaan dan aprsiasi kepada masyarakat kita yang sudah cerdas, masyarakat sangat arif dalam implementasi kebijakan demokrasi ini kalau tidak tentunya pasti akan menjadikan polemik, namun sekali lagi masyarakat kita sudah cukup baik, alhamdulillah semuanya bisa berjalan lancar tanpa ada masalah apapun,” ucapnya.

Diakhir sambutana Bupati berpesan agar para Kades PAW ini bisa menjalankan roda pemerintahan desanya dengan baik, semua capaian dan program yang direncanakan diteruskan, dan ditingkatkan, seandainya masih ada kekurangan diharapkan bisa dilengkapi segera. “Kami berpesan agar panjenengan semua bisa menjalankan roda pemerintahan dengan baik, semua capaian dan program yang telah ada agar diteruskan, dilanjutkan dan dipertahankan, jika masih bolong atau masih ada kekurangan, hal itu menjadi tugas panjenengan untuk melengkapinya, karena saya yakin yang terdahulu sudah membuat pondasi yang kuat,” pesan Bupati.

Informasi ini juga dapat dilihat di :

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *