168 Orang Buruh Pabrik Rokok Di PT Sikunci Sigaret Srintil Kecamatan Sapuran Menerima BLT

Menindaklanjuti Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 206/PMK.07/2020 Tentang Penggunaan, Pemantauan dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau Pasal 5 ayat (3) huruf a, ayat (5) huruf b, ayat (7) dan ayat (8) terkait Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada buruh parik rokok, sertda memperhatikan arah kebijakan pemetaan dan penganggaran APBD atas penggunaan DBHCHT berdasarkan Permendagri Nomor 77 Tahun 2020, maka dalam rangka pelaksanaan penyaluran Bantuan Langsung Tunai(BLT) kepada Buruh Pabrik Rokok di Wilayah Kabupaten Wonosobo.

Sebanyak 168 orang yang bekerja sebagai buruh pabrik rokok di PT Sikunci Sigaret Srintil  menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp.600.000,- untuk bulan November dan Desember 2021. Dana BLT tersebut bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).  Secara simbolis oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Junaedi,SKM,Mkes.  menyerahkan ke buruh Pabrik Rokok PT Sikunci Sigaret Srintil  , Kecamatan Sapuran, Rabu (15/12).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Junaedi,SKM,Mkes.  berharap pemberian BLT seperti ini akan meningkatkan kesejahteraan buruh pabrik rokok di Wonosobo. Dengan bantuan tersebut Junaedi berharap daya beli masyarakat akan meningkat diera pandemi Covid-19. Dengan begitu roda perekonomian di Kabupaten Wonosobo akan terus berputar dan membaik di masa pandemi saat ini.

Dalam arahannya Asisten Perekonomian dan Pembangunan juga meminta kepada perusahaan rokok untuk mematuhi peraturan yang ditetapkan. Legalitas dan perizinan wajib dikantongi. Dengan begitu perusahaan rokok dapat menjalankan usahanya dengan lancar. Tidak lagi menjadi kejar-kejaran aparat yang berwenang. Sementara itu Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Wonosobo, Iwan Widayanto,S.STP mengatakan penyaluran BLT kepada buruh pabrik rokok PT Sikunci Sigaret Srintil  dalam rangka menjalankan amanat peraturan Menteri Keuangan nomor 206 tahun 2020 tentang penggunaan, pemantauan dan evaluasi DBHCHT. Pelaksanaan program pembinaan lingkungan sosial untuk mendukung bidang kesejahteraan masyarakat dilakukan melalui kegiatan pemberian BLT seperti ini. Penyaluran BLT dilakukan non tunai melalui Kantor Pos Kabupaten Wonosobo. Terhitung 2 bulan yaitu bulan November dan  Desember 2021.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *