Pencanangan PKK KB Kesehatan

Wakil Bupati Wonosobo, Drs. Muhammad Albar,M.M., bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dyah Retno Sulistyowati, S.STP., mencanangkan program PKK KB Kesehatan di Kecamatan Leksono. Selasa, (16/11/2021). Kegiatan dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Drs. M. Aziz Wijaya, M.Si., Camat se-Kabupaten Wonosobo, Forkopimca Kecamatan Leksono, Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Wonosobo dan instansi terkait lainya.

Atasnama Pemerintah Wakil Bupati mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah memberikan komitmen, serta dukungan yang tinggi, terhadap pelaksanaan Progam Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga di Kabupaten Wonosobo.

”Kami sampaikan apresiasi yang tinggi, karena kegiatan PKK KB Kesehatan Tahun 2021 bertujuan sangat mulia, yaitu untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat Desa/Kelurahan, dengan fokus utama pencegahan dan penanganan stunting di Kabupaten Wonosobo,” Ucapnya.

Kegiatan PKK-KB-Kesehatan, merupakan bagian dari upaya mewujudkan 5 program unggulan Kabupaten Wonosobo, terutama adalah Wonosobo Pinter, Wonosobo Sehat dan Wonosobo Resik, yang merupakan bentuk sinergitas antara PKK dan Pemerintah Daerah.

“Keberhasilan kegiatan PKK KB Kesehatan, tidak semata-mata merupakan tanggung jawab pemerintah semata, tetapi merupakan tanggung jawab kita bersama, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dari masing-masing Perangkat Daerah, didukung oleh segenap mitra kerja terkait dan partisipasi masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten sekaligus Kepala Dinas DPPKBPPPA, Dyah Retno Sulistyowati mengatakan, pencanangan PKK KB Kes Tahun 2021 di Kabupaten Wonosobo dimulai dengan berbagai rangkaian kegiatan dari Tanggal 1 November 2021 sampai dengan tanggal 30 November 2021. Mulai dari pelayanan KB momentum berupa pemasangan IUD maupun Implant di seluruh tempat pelayanan kesehatan dasar/Puskesmas maupun di Bidan praktik suasta yang telah terbentuk MoU dengan DPPKBPPPA, serta pelayanan KB mobile.

Disamping itu dilakukan evaluasi dan monitoring pilot project pencegahan dan penanganan stunting di Desa Surengede Kecamatan Kejajar sebagi salah satu Role Model yang nantinya akan kita replikasikan ke semua desa yang ada di Kabupaten Wonosobo sebanyak 265 desa.

“Dashat begitu Bapak Ibu namanya “Dapur Sehat Atasi Stunting” penerapan programnya Pokja III PKK B2SA sebagai salah satu upaya menyajikan menu yang beragam, bergizi seimbang dan aman,” ungkap Dyah.

Maksud dan tujuan Kegiatan ini menurut Dyah, untuk menyatukan kegiatan PKK, KKB PK dan Kesehatan, menggalang komitmen kegiatan PKK, KKB PK dan Kesehatan, mulai dari tingkat Kelompok Dasa Wisma, TP PKK Desa, Kecamatan dan Kabupaten , serta merupakan pencerahan, pendidikan dan pemberdayaan ( inlightening, educate dan empowering ) keluarga dan masyarakat melalui kegiatan PKK, KKB PK dan Kesehatan.

Informasi ini juga dapat dilihat di :

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *