Pelajar Berkebutuhan Khusus Diminta Tetap Optimis dan Semangat

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, S.Ag., memberikan dorongan semangat kepada para pelajar berkebutuhan khusus agar tetap optimis dan semangat belajar untuk meraih cita-cita walaupun dengan berbagai keterbatasan yang mereka miliki. Demikian disampaikan Bupati saat memberikan bantuan kepada pelajar berkebutuhan khusus, di SD 10 Wonosobo, Jumat (19/11/2021).

“Tuhan menciptakan manusia itu sudah dengan seabreg potensi dan kecerdasan, dan semua manusia setara dimata Tuhan, hanya perbuatan saja yang membedakanya, jadi adik-adik tidak boleh pesmis, tidak boleh nglokro tapi harus tetap semangat untuk belajar meraih cita-cita kalian,” katanya.

Hal itu seiring dengan program unggulan Bupati Wonosobo, yaitu Wonosobo PINTER yang tertuang dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026.  Wonosobo Pinter yang menggambarkan niat baik seluruh masyarakat Kabupaten Wonosobo untuk lebih mengembangkan kemajuan berbasis di antaranya adalah pengembangan sekolah inklusi sebagai perwujudan ramah HAM.


Kepala Dinas Dikpora, Drs. Tono Prihatono menuturkan, di lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo, sudah terdapat beberapa sekolah yang merupakan sekolah inklusi yang selama ini sudah melayani anak berkebutuhan khusus. Namun, tidak sedikit, ada pula yang bersekolah di sekolah reguler/formal.

Hal Ini menurutnya terjadi karena adanya kendala jarak tempuh dan kondisi anak, jika harus bersekolah yang ditunjuk sebagai sekolah Inklusi. Pendidikan inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus menjadi salah satu fokus Pemerintah Kabupaten Wonosobo, karena mereka adalah anak-anak yang rentan tidak sekolah atau putus sekolah dengan berbagai latar belakang.

“Untuk mendukung pelayanan pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus, Dikpora sebagai Perangkat Daerah yang melaksanakan pelayanan pendidikan,  mengupayakan agar anak-anak tersebut terlayani di sekolah-sekolah reguler,” ungkapnya.

Upaya tersebut antara lain dengan menyediakan pondasi regulasi melalui Peraturan Daerah untuk memastikan anak berkebutuhan khusus tersebut dapat terlayani di sekolah-sekolah reguler sesuai dengan kondisi anak. “Tentu saja sekolah tersebut juga diberi penguatan agar mampu melayani Anak Berkebutuhan Khusus,” katanya.


Prihatono mengungkapkan, Anak Berkebutuhan Khusus sudah pasti butuh  dukungan dan motivasi dari berbagai pihak. Oleh karena itu pihaknya mengajak PT. Geo Dipa Energi untuk memberikan dukungan dan motivasi bagi Anak Berkebutuhan Khusus yang bersekolah di wilayah Kabupaten Wonosobo agar anak-anak tersebut bersemangat untuk terus melanjutkan pendidikan, yang nantinya akan menjadi bekal bagi mereka dalam menjalani kehidupan.

Dukungan yang diberikan bagi 44 anak yang tersebar di berbagai sekolah, yaitu SD N 10 Wonosobo, SD N 1 Wonosobo dan SDN Bumireso. Bantuan yang diberikan antara lain berupa kursi roda, kacamata, perlengkapan sekolah dan nutrisi pendukung.

“Diharapkan dukungan dari Geo Dipa akan menstimulasi berbagai pihak untuk mengambil peran dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di Kabupaten Wonosobo,” pungkasnya.

Informasi ini juga dapat dilihat di :

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *