Tentang Bagian Administrasi Pembangunan

Kepala Bagian Administrasi PembangunanZulfa Akhsan Alim Kurniawan, S.STP., M.Si
Kepala Sub Bagian Penyusunan ProgramIftitah, A.Md.
Kepala Sub Bagian Pengendalian ProgramSri Haryanta, S.Kom., M.S.E.
Kepala Sub Bagian Evaluasi dan PelaporanSembodo Wahyu Widodo, S.T., M.T.

TUGAS DAN FUNGSI BAGIAN ADMINISTRASI PEMBANGUNAN

Bagian Administrasi Pembangunan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan pengoordinasian perumusan kebijakan Daerah, pengoordinasian pelaksanaan tugas Perangkat Daerah, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan Daerah di bidang penyusunan program, pengendalian program,evaluasi dan pelaporan.

Dalam melaksanakan tugas, Bagian Administrasi Pembangunan mempunyai fungsi :

  1. penyiapan bahan pengoordinasian perumusan kebijakan Daerah di bidang penyusunan program, pengendalian program, evaluasi dan pelaporan;
  2. penyiapan bahan pengoordinasian pelaksanaan tugas Perangkat Daerah dibidang penyusunan program, pengendalian program, evaluasi dan pelaporan;
  3. penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan Daerah terkait pencapaian tujuan kebijakan, dampak yang ditimbulkan, dan faktor yang mempengaruhi pencapaian tujuan kebijakan di bidang penyusunan program, pengendalian program, evaluasi dan pelaporan;
  4. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan yang berkaitan dengan tugasnya.

Bagian Administrasi Pembangunan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 38 terdiri dari :

  1. Sub Bagian Penyusunan Program;
  2. Sub Bagian Pengendalian Program;
  3. Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan.

Sub Bagian Penyusunan Program mempunyai tugas :

  1. menyusun dan mempersiapkan rencana kegiatan penyusunan program di lingkungan Sekretariat Daerah;
  2. menyusun bahan kebijakan dalam rangka mempersiapkan program pembangunan Daerah;
  3. menyusun pedoman, petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan penyusunan program pembangunan Daerah;
  4. menyusun pedoman standar biaya dan satuan harga;
  5. penyiapan bahan pengoordinasian pelaksanaan tugas di bidang perencanaan Daerah;
  6. melaksanakan koordinasi dengan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota lain serta pihak swasta dalam rangka penyusunan sinergitas program pembangunan Daerah;
  7. melaksanakan sosialisasi dan koordinasi dalam rangka penyusunan program pembangunan Daerah;
  8. melaksanakan penyusunan program pembangunan dalam rangka mengembangkan akses pembangunan Daerah;
  9. melaksanakan koordinasi dan fasilitasi penyusunan program pembangunan dalam rangka mengurangi resiko dan kerugian pihak lain dalam rangka kelancaran program pembangunan Daerah; dan
  10. melakukan monitoring, evaluasi dan pelaporan program pembangunan Daerah.

Sub Bagian Pengendalian Program mempunyai tugas :

  1. menyusun rencana kegiatan pengendalian program pembangunan;
  2. menyusun bahan kebijakan pengendalian pembangunan yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta agar pembangunan sesuai dengan program pembangunan Daerah;
  3. menyusun pedoman, petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan pembangunan dalam rangka pengendalian program pembangunan Daerah;
  4. penyiapan bahan pengoordinasian pelaksanaan tugas di bidang pekerjaan umum dan penataan ruang dan belanja Daerah;
  5. melaksanakan koordinasi dengan berbagai pihak dalam rangka mengurangi tingkat resiko dan kerugian akibat pelaksanaan program pembangunan baik oleh pemerintah maupun swasta;
  6. mengendalikan sinergitas program pembangunan baik oleh lembaga pemerintah maupun swasta; dan
  7. melaksanakan pembinaan dan fasilitasi dalam rangka pengendalian pelaksanaan program pembangunan.

Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan mempunyai tugas :

  1. menyusun rencana monitoring dan pelaporan program pembangunan Daerah;
  2. melaksanakan monitoring dan pelaporan pelaksanaan program pembangunan Daerah;
  3. menyusun pedoman, petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program pembangunan Daerah;
  4. melaksanakan koordinasi dan fasilitasi dalam rangka pelaksanaan monitoring dan evaluasi program pembangunan Daerah;
  5. mencatat, menyusun rekomendasi dan menindaklanjuti hasil temuan monitoring dan evaluasi program pembangunan Daerah;
  6. mengolah dan menyajikan data hasil evaluasi pelaksanaan program pembangunan Daerah; dan
  7. menyusun hasil evaluasi dan pelaporan sebagai bahan perumusan kebijakan program pembangunan Daerah.
  8. menghimpun dan menyusun konsep laporan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan Daerah dan laporan kinerja di lingkungan Sekretariat Daerah.

CONTACT

Instagram: adbang_setdawonosobo

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *