Penguatan Permodalan melalui KUR bagi UMKM dan Pelaku Usaha Lainnya

Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda menyelenggarakan Sosialisasi KUR pada tanggal 6 dan 7 Oktober 2021. Kegiatan Sosialisasi KUR dilakukan untuk memberikan informasi terkait Program KUR dan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) kepada seluruh stakeholder KUR, yaitu OPD Teknis dan masyarakat di Kabupaten Wonosobo. Selain itu, untuk meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif. Meningkatkan kapasitas daya saing usaha mikro, kecil dan menengah. Serta mensosialisasikan skema program Kredit Usaha Rakyat, yaitu penurunan suku bunga KUR pada tahun 2021 menjadi 6% efektif per tahun.

Sosialisasi tersebut menghadirkan narasumber dari Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, Biro Perekonomian Setda Provinsi Jawa Tengah dan sebagai peserta adalah stakeholder KUR yaitu OPD teknis dan masyarakat pelaku usaha Kabupaten Wonosobo.

KUR merupakan salah satu progam Pemerintah yang memberi kemudahan bagi Koperasi serta usaha mikro kecil dan menengah untuk memperkuat usahanya melalui akses pembiayaan serta investasi, yang ditujukan untuk usaha produktif dan layak dalam berbagai sektor. Realisasi Di Provinsi Jawa tengah sampai dengan 5 Oktober 2021 sebesar akad 37,61 triliun dengan jumah debitur 1.167.010 sedangkan di Kabupaten Wonosobo sendiri, realisasi KUR sampai dengan tanggal 5 Oktober tahun 2021 sebesar 803,24 miyar dengan jumah debitur 23.629, Terkait dengan hal tersebut, diharapkan agar sinergi ini terus diperkuat, sehingga penyaluran KUR bisa optimal di masyarakat.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *