Para Petani Diharapkan Mampu Meningkatkan Hasil Pertanian Bukan Hanya Musiman

Wakil Bupati, Drs. Muhammad Albar, M.M., menegaskan, kekayaan alam Wonosobo, termasuk di Kecamatan Watumalang memang sangat memanjakan khususnya bagi para petani. Di daerah yang memiliki iklim sejuk dan tanah yang subur ini, banyak menyimpan potensi yang bisa dikembangkan, terutama melalui sektor pertanianya.

Melihat hal itu, Gus Albar berharap kepada para petani agar mampu melakukan pengembangan bertaninya tersebut untuk menambah penghasilan mereka bukan hanya dari hasil panen musiman dan satu varian tanaman saja, namun bisa lebih meningkat lagi. “Saya harapkan petani Wonosobo, khususnya di Kecamatan Watumalang itu tidak hanya mendapatkan income perkapita ekonominya hanya dari yang musiman saja, namun berbagai vareasi bisa dilakukan dan dikembangkan untuk menambah income perekonomian, baik harian, mingguan maupun bulanan, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga.


Selaras dengan itu perlu adanya pendataan dan pemetaan potensi pertanian tersebut, sehingga perencanaan nanti jelas petani kita akan dibawa kemana, untuk itu kepada Pemerintah Kecamatan Watumalang, khususnya Korwil Pertanian untuk berperan lebih dalam menggali potensi pertanian yang ada dan belum dikembangkan, syukur ke depan tiap desa dapat dikembangkan hasil pertanian yang berbeda-beda, untuk menghidupka kembali program OVOP (One Village One Product)”. Hal itu disampaikanya saat kunjungan di desa Binangun, Kuripan dan Lumajang, setelah pimpin apel pagi di Kantor Kecamatan Watumalang rabu (27/10/2021).

Lebih lanjut Gus Albar mengajak para petani untuk mencoba berbagai vareasi, tidak hanya mengandalkan satu jenis varian tanaman saja. Hal ini menurutnya perlu dilakukan, karena varian yang lain tersebut nantinya sebagai cadangan yang diharapkan bisa membantu para petani ketika terjadi kegagalan pada salah satu varian komoditi yang pilih. Semisal gagal panen atau turun harga. “Para petani saya minta jangan hanya menanam satu varian saja namun harus mencoba dari berbagai varian yang lain, karena hal ini bisa menolong petani, ketika satu varian turun harga atau gagal masih ada varian lain yang bisa dipilih untuk menopang perekonomian keluarga,” pintanya.


Selain itu Gus Albar minta kepada masyarakat khususnya kaum muda untuk kembali tertarik dengan bertani dan mengembangkan sektor pertanian dengan cara-cara inovatif berbasis teknologi modern, yang akan mampu meningkatkan efisiensi proses produksi dan kualitas bahan pangan yang harganya terjangkau, dan mampu memperbaiki daya dukung lingkungan, serta menyejahterakan para petani dan sektor pendukungnya, dengan memanfaatkan potensi alam yang ada.

“Saya harapkan para kaum muda milenial ini juga kembali tertarik akan bertani, kembangkan sektor pertanian dengan cara dan inovasi berbasis teknologi modern, manfaatkan kemajuan teknologi yang dikuasai untuk mengembangkan sekto pertanian, karena potensi yang asa di Wonosobo itu sangat luar biasa,” pinta Gus Albar.

Jika hal ini dilakukan kedepan diharapkan kolaborasi antara petani dan kemajuan teknologi serta kekayaan alam yanga ada, akan membuahkan hasil yang menjanjikan yang diharapkan bisa meningkatkan nilai jual dan mensejahterakan masyarakat.

Informasi ini juga dapat dilihat di :

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *