HUT TKSK KE-12

Selamat memperingati Hari Ulang Tahun Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang ke-12. Mari jadikan momentum ini sebagai evaluasi diri atas capaian-capaian yang telah diraih, serta mengembangkan kegiatan yang dirasa unggul untuk meningkatkan kualitas kinerja Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan dalam pelaksanaan tugas. Demikian disampaikan Bupati Wonosobo, pada peringatan HUT TKSK ke 12 tahun 2021. Bertempat di halaman Dinas Sosial PMD Kabupaten Wonosobo, Jum’at (15/10).
Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, S.Ag juga menyampaikan bahwa melalui tema “Perekat Sosial Ibu Pertiwi, Merawat Negeri Sepenuh Hati”, diharapkan para Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan mampu meningkatkan kompetensi serta profesionalismenya, demi mengoptimalkan pelayanan prima kepada masyarakat. “Permasalahan sosial senantiasa berkembang dengan kompleksitasnya masing-masing, sehingga Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan harus mampu mengurai permasalahan-permasalahan ini dan memberikan manfaat yang lebih,” terang Afif.


Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) seringkali membutuhkan pelayanan yang cepat dan tepat, pada titik inilah kehadiran Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan menjadi sangat penting, sembari menunggu proses unsur pemerintahan yang berwenang melakukan penanganan. “Saya berharap sinergitas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan dengan Pemerintah Kabupaten Wonosobo, dalam hal ini melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dapat semakin meningkat. Sinergitas yang baik ini hendaknya senantiasa terjalin harmonis, selama penanganan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial. Diusia yang ke-12, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan juga harus senantiasa berinovasi dan mengembangkan berbagai alternatif baru dalam pelayanan,” pungkas Bupati.
Pada kesempatan itu Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wonosobo, Harti, juga menyampaikan bahwa pada peringatan HUT TKSK ke 12 ini juga diserahkan beberapa bantuan sosial kepada 75 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang terdiri dari anak yatim/piatu, lansia, dan para penyandang disabilitas. Paket ini berupa bantuan paket sembako yang pendanaannya bersumber dari CSR mitra Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan.


Selain itu, dalam rangka Kegiatan Rehabilitasi Sosial Dasar Penyandang Disabilitas Terlantar, Anak Terlantar, Lanjut Usia Terlantar, serta gelandangan Pengemis di Luar Panti juga mendapatkan alokasi dana bantuan pula. Bantuan Asistensi Penyandang Disabilitas Berat masing-masing sebesar 1,4 juta Rupiah sebanyak 380 orang. Bantuan Asistensi bagi lanjut lanjut usia non Potensial msing-masing 1 Juta Rupiah sebanyak 261 orang, dan Bantuan Sosial bagi lansia potensial masing-masing 1,3 Juta Rupiah sebanyak 30 orang.
“Hari ini juga akan melepaskan para atlet disabilitas Wonosobo yang mewakili Jawa Tengah pada Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) Tahun 2021 di PAPUA antara lain Sumiarti (Panahan), Istangin (Bulu Tangkis), Triyono (Bulu Tangkis), dan Narimah (Bulu Tangkis),” pungkas Harti.
Pada peringatan HUT TKSK ke 12 Kabupaten Wonosobo juga diserahkan piagam penghargaan kepada para TKSK atas peran aktifnya dalam usaha kesejahteraan sosial di Kabupaten Wonosobo. Terbaik I, Wasis Munandar, TKSK Kecamatan Watumalang. Terbaik II, Wahyu Adi Wibowo, TKSK Kecamatan garung. Terbaik III, Kustiyah, TKSK Kecamatan Kaliwiro. Selain itu juga diserahkan penghargaan kepada Minarni Erowati, TKSK Leksono, atas capaian progres tertinggi dalam pendampingan pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kabupaten Wonosobo tahun 2021.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *