Bupati Ingin Masyarakat Wonosobo Membudayakan Kebiasaan PHBS

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, S.Ag., menegaskan kesehatan adalah syarat mutlak untuk menuju kehidupan yang sejahtera. Untuk mewujudkan hal itu masyarakat Kabupaten Wonosobo harus membudayakan kebiasaan berperilaku hidup bersih dan sehat. Demikian ditegaskanya saat peringatan hari cuci tangan pakai sabun sedunia di SLB Don Bosco Wonosobo, Jumat (15/10/2021).

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia sebagai sebuah kampanye global, yang dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa bekerjasama dengan organisasi lainnya, dalam rangka upaya pencegahan penularan penyakit yang akan berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.


“Saya harap terselenggaranya acara ini benar-benar mampu memobilisasi masyarakat Kabupaten Wonosobo, untuk rajin mencuci tangan dengan sabun sebagai langkah preventif penularan Covid-19, dan upaya-upaya perbaikan kesehatan lainnya,” ungkapnya

Lebih lanjut Bupat mengatakan, sesuai peenyataan dari WHO, bahwa tangan adalah salah satu jalur utama masuknya kuman penyakit kedalam tubuh, yang kemudian berakibat muncul penyakit yang umumnya timbul, seperti diare, kolera, ISPA, flu, dan lain-lain. “Penyakit yang berakibat fatal terutama bagi anak-anak ini seharusnya dapat dicegah, salah satunya dengan melakukan perubahan perilaku dengan rutin mencuci tangan dengan sabun,” tegasnya.


“Saya mengajak seluruh seluruh masyarakat Wonosobo untuk bersama-sama berjuang menyelamatkan hidup anak-anak dan sesama, agar terhindar dari berbagai penyakit menular seperti ini.
Upaya ini menjadi penting pula jika disandingkan dengan tujuan pemutusan mata rantai penularan Covid-19, yang selama ini sedang menjadi medan perjuangan bagi seluruh penduduk dunia”, ajaknya.

Perlu saya tekankan, langkah untuk mewujudkan Wonosobo yang sehat dapat dimulai dari hal-hal yang sederhana di lingkungan keluarga dan sekolah, antara lain dengan memberikan edukasi kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan, dengan menjaga kebersihan diri pribadi yang dimulai melalui membiasakan cuci tangan pakai sabun sejak dini. Saya mengharapkan peran aktif dari semua pemangku kepentingan untuk turut menyukseskan pelaksanaan gerakan cuci tangan pakai sabun,” pungkasnya.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *