ASN Harus Mampu Beradaptasi dan Jeli Terhadap Perkembangan Yang Ada Dimasyarakat

Wakil Bupati Wonosobo Drs. Muhammad Albar, M.M., menegaskan kepada ASN secara umum, dan lebih khusus bagi yang tugas kerjanya diwilayah Kecamatan, harus jeli serta mampu beradaptasi dengan segala sesuatu yang ada dan sedang berkembang ditengah masyarakat. Demikian ditegaskanya saat menjadi pembina apel di kantor Kecamatan Kejajar senin, (25/10/2021). Wakil Bupati pada kesempatan itu didampingi Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra, beberapa Kabag dari Setda, serta Forkopimca Kejajar dan instansi terkait.

Gus Albar menuturkan, Kejajar  merupakan wilayah yang agamis, warga masyarakatnya tumbuh berlandaskan pengamalan agama yang baik. Melihat hal itu, para ASN wilayah, semestinya harus mampu beradaptasi dengan baik. Karena menurutnya ruang gerak para Abdi Negara ini pasti akan mendapat sorotan dan penilaian dari masyarakat itu sendiri. Maka dari itu mereka harus benar-benar menjiwai langkah dan peranya ditengah masyarakat sebagai upaya mewujudkan kemajuan dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut Gus Albar mengatakan, wilayah ini termasuk daerah  wisata, oleh karena itu jajaran yang ada di Kejajar ini harus mampu berkreasi dan mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki, serta memanfaatkan peluang yang ada. ” Kejajar ini daerah wisata, jadi ASN dan jajaran yang ada harus lebih maju, bukan hanya penampilan saja tapi profesionalisme kerjanya harus benar-benar ditunjukan,” katanya.

Gus Albar berharap kepada jajaran ASN mampu untuk terus berkembang, tidak  hanya melakukan pekerjaan rutinitas saja namun ada kreasi dan langkah yang nyata yang bermanfaat untuk masyarakat. “Saya ingin panjenengan semua jangan hanya mengerjakan rutinitasnya saja, namun hasil kerjanya harus bisa dirasakan oleh masyarakat, jangan hanya dibelakang meja saja, namun anda dituntut untuk banyak berinovasi, berkreasi untuk ikut serta mensejahterakan masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu Wakil Bupati mengajak kepada jajaran Kecamatan Kejajar agar memperhatikan bebarapa permasalahan yang ada diwilayahnya. Diantaranya yaitu pendidikan dan pariwisata. Dan dua hal tersebut perlu adanya langkah konkrit untuk mensikapi dan mennyelesaikanya.

Terkait permasalahan pendidikan, Gus Albar mianta agar pola pikir lama yang sudah tertanam kuat dimasyarakat harus bisa dirubah. “Di sini ada mainset yang perlu dirubah, dimana dibeberapa kalangan masyarakat merasa pendidikan kurang begitu penting, contohnya seperti ini, ngapa sekolah duwur-duwur, macul bae wis sogih, ga usah sekolah bisa banyak uang, saya rasa itu yang perlu diperhatikan dan dirubah, perlu langkah konkrit unyuk itu,” katanya.

“Banyak anak tidak bersekolah dijenjang masing-mading, hal ini perlu gerak langkah dari ASN dan juga Guru agar anak-anak bisa belajar dengan baik, bisa menyelesaikan wajib belajar dengan baik. Dari itu kami harapkan bisa memunculkan dan menyumbangkan peserta didik yang berkualitas baik pula serta menggembirakan, sehingga bisa bersaing dengan daerah lain,” ungkapnya lagi.

Selain pendidikan Gus Albar mengungkapkan, wilayah Kejajar ini merupakan daerah wisata, maka semua ASN harus bisa meningkatkan performa serta harus melihat kearifan lokal yang ada. Agar dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mendongkrak peningkatan dan kemajuan dari sektor wisata. Selain itu dalam arus globalisasi dan digitalisasi saat ini, semua dituntut mampu mrngikuti perkembangan dalam hal penguasaan teknologi. “Wisata di Wonosobo itu saya kira tidak ada duaya, karena sudah menjadi tujuan kunjungan wisata yang bagus, namun bagaimana kita melayani para tamu dengan profesional dengan ramah, senyum dansebaginya, tentu ini menjadi tuntutan kita semua termasuk ASN, yang setiap harinya bertemu dengan siapa saja termasuk kepada para pengunjung.  Yang paling uatama bagi kita adalah bagaimana kita bisa melayani masyarakat dengan baik sehingga segala sesuatunya bisa terkondisikan dengan baik dan bisa memberikan kepuasan bagi masyarakat,” pungkas Wakil Bupati.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *