Abdi Negara Sebagai Problem Solving Masyararakat

Sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, seluruh aparatur pemerintah Kabupaten Wonosobo harus bisa menjadi problem solving masyarakat atau pemberi solusi bagi berbagai permasalahan yang ada di tengah masyarakat. Demikian disampaikan Bupati Wonosobo, saat menjadi pembina apel pagi di Kecamatan Kalikajar (18/10).
Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, S.Ag, juga menyampaikan bahwa sebagai problem solving masyarakat, maka seluruh aparatur pemerintah kabupaten wonosobo dari tingkat desa sampai tingkat Kabupaten harus hadir di masyarakat. “Dengan hadir, maka kita dapat menemukenali permasalahan-permasalahan yang dihadapai dan ada di masyarakat. Selanjutnya berkoordinasi dengan stakeholders pemerintah Kabupetan Wonosobo yang ada, baik yang ada di tingkat kecamatan maupun kabupaten, dengan begitu maka dapat melakukan intervensi penyelesaian masalah yang ada di masyarakat,” jelas Afif.
“Untuk dapat menemukenali masyarakat tentunya seluruh aparatur pemerintah harus mempunyai sikap disiplin dan profesional, sehingga dapat memberikan pelayanan secara maksimal, serta bisa memberikan solusi yang tepat atas apa yang menjadi permasalahan permasalahan di masyarakat,” tambah Afif.
Dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dan ada di masyarakat harus dilakukan secara terukur dan terprogram. Sehingga kita dapat melihat dan mengukur seberapa besar keberhasilan kita dalam melaksanakan program dan kegiatan, serta dapat dijadikan sebagai acuan perencanaan ditahun yang akan datang.
Bupati juga menambahkan bahwa sebagai aparatur pemerintah, kita tidak hanya menjalankan tugas, tidak hanya bekerja karena status dan rutinitas. Apalagi karena sekadar memenuhi formalitas dan kewajiban yang sifatnya hanya proformalitas. Melainkan harus lebih substansif, profesional, cepat dan tepat. Apalagi saat ini persoalan masyarakat berlangsung sangat cepat. Oleh karena itu paratur pemerintah dituntut lebih cepat lagi dalam mengejar solusi dari berbagai masalah yang ada.
“Itulah tanggung jawab kita. Tidak sekadar tugas melainkan bagaimana kita mampu menjadi problem solving yang menyelesaikan masalah dan mencari solusi. Mari terus jalankan kinerja dengan gagasan yang selalu mengejar solusi dan bukan mempersoalkan persoalan,” pungkas Afif Nurhidayat.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *