ASN Bersama Elemen Masyarakat Diminta Untuk Gelorakan Olahraga

Situasi Pandemi Covid-19 saat ini menempatkan posisi kegiatan olahraga menjadi krusial. seiring dengan itu, Pada Peringatan Hari Olahraga Nasional ke 38 tahun 2021, Bupati Afif Nurhidayat mengajak kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) bersama seluruh elemen keolahragaan dan seluruh masyarakat di Kabupaten Wonosobo untuk menggelorakan semangat “Ayo Olahraga”, sampai lingkungan terkecil, baik tingkat RT/RW maupun desa/kelurahan untuk mencapai masyarakat yang sehat serta produktif,” demikian ditegaskan Bupati saat bertindak sebagai Inspektur upacara Peringatan Haornas Tahun 2021, kamis (9/9/2021) di halaman Pendopo Bupati.

Dalam sambutanya Bupati juga menyampaikan, peringatan Hari Olahraga Nasional, merupakan momentum bersejarah bagi dunia olahraga Indonesia, serta khususnya Kabupaten Wonosobo, sekaligus waktu  yang sangat tepat untuk selalu mengingatkan kita semua, akan pentingnya meningkatkan budaya olahraga di masyarakat, sebagai pondasi utama untuk meningkatkan pola hidup sehat-bugar bagi seluruh penduduk Indonesia.


Lebih lanjut, ia mengatakan, peran keluarga dan seluruh elemen keolahragaan sangat diperlukan, dalam rangka membangun dan menjadikan olahraga sebagai salah satu model sekolah kehidupan dan role-model yang dapat dijadikan ruang untuk menerapkan nilai-nilai positif yang terkandung di dalam aktivitas olahraga.

terlebih lagi saat kita mampu memposisikan olahraga sebagai kebutuhan dan gaya hidup, secara tidak langung akan membuka ruang yang luas bagi bermunculannya bibit-bibit potensial olahraga yang berprestasi, yang selanjutnya bisa dibina dan dikembangkan.

Terkait hal itu Bupati menyampaikan apresiasi dan dukungan Kepada Atlet Wonosobo yang ikut mewakili Jawa Tengah di ajang PON XX dan Peparnas XVI di Papua. dalam rangka memberikan apresiasi kepada seluruh atlet-atlet berprestasi Pemerintah Kabupaten Wonosobo memberikan bantuan operasional sebesar 30 Juta Rupiah, untuk para atlet Pekan Olahraga Nasional dan Pekan Paralimpiade Nasional.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah, saya memberikan apresiasi dan support kepada atlet-atlet Wonosobo yang ikut menjadi Kontingen Jawa Tengah pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Tahun 2021 di Papua ), yakni Barata Yuda (Pencak Silat), Rizki Hanis Kusparwanto (Balap Motor), Dzarif Arkan Madani (FOBM), Efdal Prasetyo dan Fauzan Musanef (PSSI) Rifki Akbar dan Ade Tia Armadani (Muaythai).


“Saya juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada atlet disabilitas Wonosobo, meskipun dihadapkan pada keterbatasan akan tetapi tetap mampu berprestasi sehingga mewakili Jawa Tengah pada Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) Tahun 2021 di PAPUA, antara lain Sumiarti (atlet PELATNAS Panahan untuk ASEAN PARAGAMES), Istangin (Bulu Tangkis), Triyono (Bulu Tangkis), dan Narimah (Bulu Tangkis)”.

“Saya juga mengucapkan selamat dan apresiasi kepada anak-anak kita yang berprestasi mendapatkan medali emas pada ajang festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tahun 2021 yaitu: Ahmad Faqih, Siswa SMK N 2 Wonosobo (Seni Tari), Faishal Sidqi dan Khalfan Nur Mokhammad, Siswa SD N 5 Wonosobo (Seni Pantomin) dan Siswa-Siswi SMP N 1 Wonosobo (Penataan Musik Tari Terbaik),
derta Juara 1 Lomba PKBM Tingkat Nasional dari PKBM Cemerlang”.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga M.Kristijadi menyampaikan, peringatan Haornas menjadi momen bangkitnya semangat pembangunan olahraga Kabupaten Wonosobo, baik olahraga pelajar, olahraga prestasi melalui KONI, Olahraga Rekreasi melalui KORMI dan olahraga disabilitas melalui NPCI.

Sementara Ketua KONI Wonosobo mengaku senang dan bangga, apa yang telah diberikan pemerintah daerah akan dijadikan semangat baru, dan siap untuk mewujudkan target perolehan prestasi di kejuaraan-kejuaraan regional maupun Nasional.


Masih dalam rangkaian Haornas, Kementerian Kesehatan telah mengembangkan aplikasi bertajuk SIPGAR yang dapat diinstall melalui Playstore pada smatphone. Aplikasi ini berguna untuk mengukur kebugaran jasmani secara mandiri, sehingga dapat diketahui kondisi kebugaran jasmani pengguna, kemudian diberikan rekomendasi latihan fisik terprogram sesuai kebugaran jasmani.
Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini pula, saya akan melaunching Aplikasi SIPGAR untuk dapat digunakan secara luas di lingkungan Kabupaten Wonosobo.

Pada kesempatan itu Bupati mendorong Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Wonosobo untuk mengoptimalkan Pemanfaatan GOR Wonolelo yang selama ini mangkrak untuk pembinaan olahraga bersama KONI Wonosobo.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *