Dukungan Wakil Bupati Wonosobo Terhadap Pelayanan Inklusif di Puskesmas

Wonosobo – Pemerintah Kabupaten Wonosobo mendukung upaya pelayanan Kesehatan secara maksimal sesuai salah Program Unggulan Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo 2021-2026 yaitu “Wonosobo Sehat” hal ini terlihat saat Wakil Bupati Wonosobo menghadiri Lokakarya dan Inklusif di Puskesmas yang diselenggarakan Forum Madani Wonosobo secara virtual di Ruang Command Center Setda Wonosobo, Jumat (6/08/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Wonosobo Drs. H. Muhammad Albar, MM yang didampingi Sekretaris Daerah Wonosobo Drs. One Andang Wardoyo, M.Si. Kepala Bappeda Tarjo, S.Sos.,M.Si. Kepala DKK dr. M.Riyatno, M.Kes. Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Drs. Satriyatmo, MM. Perwakilan dari Forum Madani Wonosobo Sarwanto Priadhi.

Kegiatan yang merupakan wadah pergerakan masyarakat sipil, melakukan koordinasi dengan tiga Puskesmas di kabupaten Wonosobo, masing-masing Puskesmas Wonosobo 1, Garung, dan Kaliwiro. Koordinasi itu bertujuan untuk menjalin kerjasama dalam peningkatan penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang inklusif.

Dalam sambutannya, Wakil bupati menyambut baik kerja sama atau kolaborasi antara Puskesmas dengan masyarakat yang diinisiasi oleh Forum Madani ini dan menyampaikan bahwa Pemkab Wonosobo akan selalu membuka tangan terhadap keterlibatan masyarakat dalam meningkatkan penyelenggaraan pelayanan kesehatan di Puskesmas sehingga 3 Pilar Pelayanan antar Pemkab Wonosobo, Puskesmas dan Masyarakat dapat terus kokoh berdiri.

”Rasa terimakasih dan apresiasi yang tinggi kami sampaikan kepada Forum Madani Wonosobo atas terselenggaranya acara tersebut. Dibawah kepemimpinan Afif-Albar, Pemkab Wonosobo menempatkan perbaikan tatakelola dan pelayanan publik serta kesehatan sebagai salah satu poin pada misinya. Sudah sewajarnya tuntutan untuk selalu berkembang dalam melakukan perbaikan pada pelayanan publik apalagi pelayanan kesehatan yang sangat penting bagi masyarakat, terlebih pada masa Pandemi COVID-19 seperti sekarang ini,” ungkap wabup.

Wabup juga menegaskan jika tidak ada umpan balik dari masyarakat maka tidak akan optimal pelayanan, disini dibutuhkan peran partisipasi masyarakat sangat penting dalam pengawasan. Saling Koordinasi bertujuan untuk menjalin kerja sama dalam peningkatan penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang inklusif.

Sementara dari Forum Madani Wonosobo Sarwanto Priadhi mengatakan bahwa bagaimana forum madani ini bertujuan supaya warga masyarakat menjadi mitra untuk mengawasi kinerja pemerintahan dalam hal ini pelayanan Kesehatan, guna mengetahui serta menjaring aspirasi masyarakat dalam hal pelayannanya seperti apa. Apakah sudah baik dalam hal pelayanannya bagaimana karywanya dalam melayani (ramah atau tidak) dan seperti apa fasilitas yang diberikan.

Lebih lanjut Sarwanto menyampaikan bahwa Forum Madani sudah melangkah guna mengetahui permasalahan dalam bidang Kesehatan, dan untuk itu sudah bekerja sama diantaranya dengan 3 Puskesmas piloting, yaitu Puskesmas Wonosobo 1, Garung dan Puskesmas Kaliwiro. untuk bersama-sama mewujudkan layanan kesehatan inklusif bagi masyarakat.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *