Sekda Apresiasi Elemen Masyarakat Yang Bersinergi Dalam Penanganan Pandemi Covid-19

Pandemi global covid-19 sampai saat ini belum usai. Penyebaran virus yang ditemukan pertama kali di Wuhan China ini ini sangat berpengaruh terhadap segala aspek kehidupan manusia, terutama berdampak pada sektor kesehatan dan sektor ekonomi yang mengalami keterpurukan. Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah dengan kebijakan yang bersinergi bersama berbagai elemen masyarakat dalam penanganan pandemi, serta untuk pemulihan ekonomi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Wonosobo Drs. One Andang Wardoyo, M.Si., menyampaikan apresiasi kepada TNI, POLRI, Instansi Pemerintah dan Swasta serta seluruh elemen masyarakat lainya, yang telah bersinergi dan berkontribusi dalam upaya penanganan, pencegahan penyebaran covid-19, serta dalam rangka pemulihan ekonomi di Kabupaten Wonosobo.

“Kami memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat Wonosobo, yang tidak bisa kami sebut satu-satu, yang telah bersinergi dan berkontribusi dalam penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi saat ini, karena dengan sinergi dan partisipasi masyarakat, kita akan semakin kuat untuk melawan pandemi ini,” ucap Sekda.


One menambahkan dengan kebersamaan dan sinergi dari berbagai elemen ini diharapkan mampu mendorong arah kebijakan yang diupayakan oleh pemerintah bisa menuai hasil yang baik dan tepat sasaran. Sehingga upaya pemulihan ekonomi bisa dioptimalkan, dengan diperkuat oleh adanya pertisipasi dan kontribusi dari berbagai elemen masyarakat tersebut.

“Kami berharap dimasa pandemi ini masyarakat tetap menjunjung tinggi kepedulian terhadap sesama, saling membantu, dan tolong menolong. Banyak hal baik yang bisa kita lakukan bersama, bagi yang mampu bisa dengan memberikan bantuan kepada sesama yang sedang membutuhkan, sehingga kita bisa bangkit dan beranjak dari pandemi ini,” ujarnya.

Sekda menyampaikan apresiasi kepada komunitas Bumbu Langit, yang beranggotakan pengusaha muslim Wonosobo atau Indonesian Islamic Busines Forum (IBF)  yang selama ini dan di masa PPKM ini telah bersinergi dan berpartisipasi dalam upaya membantu masyarakat lain yang membutuhkan di masa pandemi ini. Dimana mereka telah memberikan berbagai bantuan, salahsatunya dengan membagikan makanan secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan terutama kepada warga yang sedang isolasi mandiri (isoman) karena terkonfirmasi covid-19.

Ketua Komunitas Bumbu Langit, Alfa mengungkapkan, bahwa ini berangkat dari berkumpulnya para pengusaha muslim di Wonosobo. Sebelumnya kegiatan seperti ini dimulai dibulan Ramadhan dengan memberikan takjil gratis, dan seiring jalanya waktu terus meningkat. Dan dimasa pandemi ini, karena banyak yang membutuhkan sehingga dilakukan lebih, dengan memberikan paket makanan.

“Kegiatan kami bermula dari memberikan takjil di bulan ramadhan, dan seiring waktu terus meningkat, dan kita melihat di masa pandemi ini ada banyak sekali yang membutuhkan sehingga kegiatan ini kita lebih tingkatkan lagi, dengan bissmillah kita berupaya semaksimal mungkin agar bisa berkontribusi lebih luas lagi. Dan kegiatan ini kita tandai dengan take line makan kenyang dibayar pakai doa,” ungkapnya.


Menurut penuturan Alfa, selama PPKM ini ada berbagai kerjasama yang dilakukan dengan menjalin sinergi bersama TNI, POLRI, untuk mendistribusikan makanan di lokasi vaksinasi, namun saat ini yang lebih diutamakan adalah kepada masyarakat yang sedang melaksanakan isoman. Ia menambahkan dengan berbagai upaya saat ini sudah ada lebih dari 65 donatur tetap yang mana di setiap bulanya diwajibkan memberikan sedekah minimal 50 ribu saja.

“Selama PPKM, kami bekerjasama dengan Polda dan Polres untuk mendistribusikan makanan di lokasi vaksinasi. Kita juga mengutamakan memberikan kepada yang sedang isoman. Jadi kita akan berupaya dengan mendapatkan dana sebanyak mungkin untuk kita salurkan dan distribusikan di setiap harinya. Dan alhamdulillah saat ini sudah ada 65 donatur tetap, yang mana tiap bulanya mereka diwajibkan memberikan sedekah minimal 50 ribu saja. Untuk donasi dan distribsi atau membutuhkan makanan bisa menghubugi no hp saya di +628995944995,” terangnya.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *