Upaya Kurangi Penyebaran Covid 19 Dengan Desinfektan

Sebagai upaya untuk mengendalikan dan memutus mata rantai penyebaran Covid 19, selain dengan menerapkan 5 M, desinfeksi ruang ruang publik dan lingkungan juga diperlukan untuk menjaga kebersihan serta mengurangi kepadatan virus di lingkungan. Hal ini juga yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Wonosobo dengan Gerakan Gotong Royong mencegah penyebaran Covid 19 dengan Penyemprotan Desinfektan Serentak di seluruh wilayah Kabupaten Wonosobo, Jum’at (18/6).


Penyemprotan Desinfektan serentak, di awali dengan apel gabungan di Halaman Adipura dengan peserta dari TNI, Polri, BPBD, SAR, Satpol PP dan beberapa instansi pemerintah serta dihadiri oleh FORKOPIMDA. Yang akan disebar di beberapa titik, utamanya wilayah wilayah zona merah covid 19 dan wilayah perkotaan.


Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, S.Ag, disela sela pelaksanaan penyemprotan desinfektan serentak menyampaikan bahwa hari ini dilaksanakan penyemprotan desinfekta secara serentak di seluruh wilayah Kabupaten Wonosobo. “hari ini kita laksanakan penyemprotan desinfektan secara serentak di seluruh wilayah Kabupaten Wonosobo. Mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa dan Kelurahan hingga ketingkat RT. Semua kantor kantor, fasilitas umum dan tempat tempat yang memang itu berpotensi untuk sering digunakan untuk kerumunan atau berkumpul,” terang Bupati.

Afif Nurhidayat juga menyampaikan bahwa pemerintah bersinergi dengan Forkopimda dengan dukungan penuh dari jajaran TNI dan Polri, mudah mudahan kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar. Mengingat kondisi perkembangan covid di Wonosobo naik terus. “mudah mudahan kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar, mengingat perkembangan covid 19 di Wonosobo terus mengalami peningkatan. Di RSU bertambah, di pusat isolasi BLK tambah, yang isolasi mandiri juga bertambah,” jelas Afif.


Tak henti hentinya, Bupati mengingatkan kepada semuanya untuk tidak boleh abai tidak boleh lengah. Selalu gunakan prokes dengan ketat. “diharapkan dengan prokes yang ketat dan desinfektan ini kita menjadi sehat, lingkungan kita sehat dan masyarakat kita sehat, sehingga terjaga imunitas bagi seluruh warga masyarakat,” tambah Bupati.

Bupati juga menyampaikan bahwa hari ini dilaksanakan Desinfektan secara serentak di Kabupaten Wonosobo, untuk mengingatkan kembali dan menggugah kembali tentang kesehatan lingkungan untuk mengendalikan dan memutus mata rantai penyebaran Covid 19. “hari ini dilaksanakan desinfektan secara serentak, harapannya tidak berhenti sampai disini. Justru hari ini kita serentak, nanti hingga ke lapisan bawah dibuatkan scedul atau jadwal. Misal satu minggu sekali dilaksanakan penyemprotan desinfektan,” ungkap Afif.


Tidak hanya penyemproptan desinfektan serentak, nanti pemerintah juga kan melaksanakan kegiatan Gebrak Masker, gerakan serentak untuk masyarakat sadar menggunakan masker. “saya ingin masyararakat kita sadar, sadar mencintai diri kita sendiri dan sadar peduli diri kita sendiri. Kalau kita sadar mencintai dan peduli diri kita sendiri InsyaAllah akan peduli dengan orang lain. Menggunakan masker tidak harus dipaksa atau dikejar kejar, tapi dengan kesadarannya untuk menjaga imunitas diri kita dan orang lain,” pungkas Bupati.


Pada kesempatan itu Bupati dan Forkompimda ikut melaksanakan penyemprotan desinfektan di wilayah kota. Seperti di sekitar Jalan Soekarno-Hatta, seputar Taman Plasa, Jalan A.Yani dari Plasa sampai Alun Alun Wonosobo. Karena tempat itu merupakan pusat keramaian.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *