Kualitas Guru Harus Ditingkatkan

 Kualitas guru harus senantiasa ditingkatkan, untuk menciptakan kader-kader potensial dimasa depan yang lebih baik. Demikian disampaikan Bupati Wonosobo, H. Afif Nurhidayat, S.Ag., melalui sambutannya dalam Seminar Nasional Matematika Indonesia, di Hotel Dafam Wonosobo, Jumat (18/6).

“Saya berharap melalui seminar ini dapat menambah kompetensi guru,” kata Afif, “Kompetensi terus ditingkatkan, kualitas guru harus ditingkatkan. Kita ingin menciptakan kader-kader potensial kedepan, yang lebih baik.”

Di depan peserta seminar yang merupakan kepala sekolah dan guru di Kabupaten Wonosobo itu, Bupati menuturkan bahwa guru pada masa ini dihadapkan pada generasi yang penuh dengan tantangan. Era digitalisasi membuat guru harus dibekali dengan kompetensi yang memadai. Guru harus selalu beradaptasi dengan media sosial dan teknologi. Era digitalisasi saat ini mengharuskan para guru untuk menguasai gawai dan teknologi, jangan sampai diperbudak oleh teknologi. Guru harus memanfaatkan teknologi dengan sebaik mungkin untuk kepentingan yang lebih baik, utamanya dibidang pendidikan.

 Bupati menjelaskan, bahwa pihaknya menyadari jika dibandingkan dengan kabupaten tetangga, Wonosobo memerlukan suatu lompatan dan strategi khusus agar bisa lebih kompetitif. Harapannya, Wonosobo dapat menciptakan sekolah-sekolah pilihan (unggulan—red) yang tidak hanya ada ditingkat kabupaten, namun hingga ditingkat kecamatan.

 “Ada sekolah-sekolah pilihan, tidak hanya negeri, swasta, mangga bersaing. Saling kompetitif, fastabiqul khoirot, bersaing secara kompetitif. Sehingga disitulah… semua tunjukkan kualitasnya masing-masing. Untuk bersaing kualitas, gurunya berkualitas. Mau gurunya berkualitas, maka prasarananya harus didukung,” terangnya.

Saat ini pendidikan dihadapkan dengan tantangan situasi zonasi, sehingga ada tuntutan yang lebih bagi sekolah. Sebab, menurut Bupati, input siswa dalam menangkap pelajaran tidak sama. Oleh karena itu, Bupati berpesan kepada peserta seminar untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Para tenaga pendidik diminta untuk selalu bersemangat dalam melaksanakan tugas, tampil smart, serta mengedepankan profesionalitas. Hal ini dikarenakan para siswa menaruh harapan besar kepada gurunya, sehingga guru harus menjadi contoh yang baik bagi siswa-siswanya.

Selain itu Bupati juga mengingatkan kepada seluruh peserta yang hadir, untuk mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan dengan baik di manapun berada. Bupati mengingatkan untuk menjaga imunitas dengan olahraga, istirahat, makan, dan mengonsumsi vitamin dengan teratur.

Seminar Nasional Matematika Indonesia diselenggarakan oleh LKP Matematika Indonesia, di Hotel Dafam Wonosobo mulai Jumat (18/6) hingga Minggu (20/6). Seminar terselenggara setelah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Wonosobo, dalam hal ini Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Wonosobo. Peserta seminar terdiri dari kepala sekolah dan guru dari jenjang TK, SD, hingga SMP di Kabupaten Wonosobo, dengan pembicara pimpinan LKP Matematika Indonesia yakni Setiawan, S.M., M.Si.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *