BUMDes Menjadi Daya Ungkit Perekonomian Warga

Wonosobo – Demi meningkatkan perekonomian masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) Kapulogo, Kecamatan Kepil, membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Peresmian BUMDes yang dinamai BUMDes Bejo Lestari menggelar launching sekaligus peresmian BUMDes.

Kegiatan yang dilangsungkan di rumah salah satu pengurus BUMDes dan sekaligus tempat pembudidayaan tanaman anggrek ini dihadiri langsung oleh Bupati Wonosobo H. Afif Nurhidayat, S.Ag didampingi dari Dinas Sosial Pemerintahan Masyarakat dan Desa serta jajaran Forkopimca Kepil, tidak ketinggalan jajaran kepengurusan BUMDes Kapulogo Kecamatan Kepil, Rabu (23/06/2021).

Ketua BUMDes Bejo Lestari Desa Kapulogo, Muhamad Ihsan mengatakan, berdirinya BUMDes ini merupakan salah satu bukti keseriusan Pemdes Kapulogo untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Apalagi, di Desa Kapulogo ini ada sekitar 2.302 penduduk, yang harus diperhatikan kesejahteraannya.

“Banyaknya penduduk dan potensi alam yang dimiliki Desa Kapulogo ini merupakan suatu yang bisa dimanfaatkan dan diberdayakan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya saat memberikan sambutan.

Lebih lanjut menjelaskan, BUMDes di Desa Kapulogo ini bergerak dibanyak bidang diantaranya pertanian, perikanan, peternakan dan perkebunan, Keuangan dan Perbankan, Industri Kecil UMKM dengan memberdayakan masyarakat desa setempat. Khusus untuk Jahe Merah BUMDes Desa Kapulogo memberikan 1.500 bibit gratis kepada warga dan nanti hasilnya bisa dijual melalui BUMDes ataupun dapat dipasarkan sendiri. Untuk mengelola budidaya tanaman Anggrek BUMDes sebagai reseller.

“Kami juga berusaha membantu memberdayakan masyarakat membantu dalam bidang pertanian salah satunya dengan memberikan 1.500 bibit tanaman jahe merah dengan tujuan dapat dibudidaya, dikembangkan dan nantinya dapat dipasarkan sendiri.” jelasnya.

Sedangkan dalam sambutannya Bupati menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemdes Kapulogo dengan terbentuknya BUMDes ini dan semoga dapat bermanfaat sekaligus dapat sebagai daya ungkit ekonomi warga Kapulogo. Menurutnya, berharap supaya Pemdes Kapulogo dapat segera melakukan pemetaan potensi, dan pemetaan sumber daya alam di Desa Kapulogo Kecamatan Kepil ini, sehingga dapat menjalankan BUMDes ini dengan baik dan dapat memberi manfaat lebih besar lagi kepada warga setempat.

“Masyarakat pun harus ikut serta membantu dalam mengembangkan BUMDes, karena BUMDes harus dapat bermanfaat untuk masyarakat sekaligus sebagai daya ungkit perekonomian warga dan hal ini tidak mungkin bisa berjalan dengan baik tanpa ada dukungan dari semua elemen masyarakat,” ungkap bupati.

Orang nomor satu di Kabupaten Wonosobo itu menerangkan, sesuai laporan dari Pemdes Kapulogo yang mana telah mengucurkan anggaran untuk pembentukan BUMDes Bejo Lestari ini yang bersumber dari Dana Desa (DD).

“Penyertaan modal yang diberikan semoga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, sehingga BUMDes Kapulogo ini bisa membantu perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *