Deklarasi Menuju Bebas ODF Dan Pencanangan Germas Dele Diamond

Tiga Desa dan sepuluh dusun se-Kecamatan Kepil deklarasikan bebas Open Defecation Free (ODF). Momen itu juga di barengi dengan pencangaan germas hidup sehat “Dele Diamond”.

Deklarasi menuju bebas ODF ini secara umum merupakan upaya yang sedang digalakan Pemerintah Kabupaten Wonosobo. Tidak terkecuali di Kecamatan Kepil, karena secara garis besar wilayah ini dinilai miskin dalam kategori ketersediaan jamban sehat.

Hal itu terlihat di tahun 2018 lalu Kecamatan Kepil hanya berada di angka 16% rumah yang memiliki jamban ber-septict tank. Artinya lebih dari separuh total rumah yang ada, belum memiliki standarisasi jamban sehat.

Namun dengan upaya yang keras, serta jalin bekerjasama dan berkoordinasi bersama berbagai elemen, serta adanya bantuan Pemerintah dan swasta, CSR, perubahan luar biasa terlihat setahun berikutnya, di 2019 kepemilikan jamban bersepyict tank meningkat menjadi 53,7 %, dan hari ini dipusatkan di balai desa mojosari dilakukan deklarasi bebas ODF di beberapa dusun dan desa, untuk menuju 2020 bebas buang air sembarangan.

Sementara itu, Germas sendiri merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan bersam-sama oleh semua komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Simbol ajakan dalam upaya mendorong dan memupuk semangat masyarakat Kepil agar meninggalkan kebiasaan kurang baik, untuk berani merubah menuju ke pola hidup yang sehat, salah satunya dengan tidak buang air sembarangan.

Simbol itu di kemas dalam Germas Diamond. Germas dijabarkan menjadi Gerakan masyarakat hidup sehat. Diamond diartikan dengan, Didik anak dan cegah tunda pernikahan anak. Intensifkan dalam penanganan stunting serta peningkatan cakupan dan mutu imunisasi. Awas bahaya asap rokok dan TossTBC (Temukan Obat Sampai Sembuh TBC). Mengkonsumsi buah dan sayur tiap hari, Olahraga minimal 30 menit tiap hari dan cek kesehatan secara rutin. No smoking area untuk mewujudkan lingkungan sehat, serta diberikan asi eksklusif kepada bayi umur 0 sampai 6 bulan.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *