Pramuka Jadi Contoh Pendidikan Karakter

Pramuka Wonosobo diharapkan bisa menjadi contoh pendidikan karakter bagi generasi muda. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Bupati Wonosobo yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka, Agus Subagiyo pada upacara peringatan Hari Pramuka ke-58 tingkat Kwarcab Wonosobo di lapangan Bojasari, Kertek, Kamis (22/8).

Agus Subagiyo mengatakan, aspek disiplin, kejujuran dan kerjakeras yang ada di jiwa raga pramuka, harus disebarkan agar menjadi contoh masyarakat luas. Selain itu, pramuka juga diharapkan menjadi pemberdaya serta pahlawan bagi lingkungan sekitarnya.  

“Tema kemerdekaan kemarin itu ada di pramuka, harapan kami, pramuka bisa menjadi contoh pendidikan karakter,” ujarnya.

Galang Dana

Sebagai wujud dari kegiatan pramuka peduli, Kwartir Cabang (Kwarcab) Wonosobo menggelar aksi bumbung kemanusiaan, di sela-sela upacara Hari Pramuka yang diikuti oleh seluruh anggota yang hadir.

Waka Bidang Binamuda Kwarcab Wonosobo, Sri Widyastuti mengatakan, aksi bumbung kemanusiaan bertujuan menggalang dana kemanusiaan dari masyarakat, khususnya warga Pramuka. Nantinya, dana yang terkumpul akan disalurkan kepada yang membutuhkan dan diutamakan kepada warga sekitar.

“Sudah terkumpul Rp 2,9 juta, nantinya dana akan disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Agus Subagiyo juga memberikan tanda penghargaan Lencana Pancawarsa dan Pramuka Garuda. Agus juga berkesempatan melepas kontingan Kwarcab Wonosobo yang akan mengikuti Jambore Daerah (Jamda) dan Saka Widya Budaya Bakti di Blora, 26-31 Agustus 2019.

Sumber : Kwarcab Pramuka Wonosobo

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *