Hasil Evaluasi SAKIP Ditarget Naik Ke Kategori BB

Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Kabupaten Wonosobo kembali menjalani monitoring dan evaluasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN RB). Setelah tahun 2018 lalu memperoleh nilai B, Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo mencanangkan target agar hasil evaluasi pada 2019 ini Pemkab mampu naik kelas dengan meraih predikat BB. “Upaya untuk perbaikan kinerja dalam satu tahun terakhir sudah kita upayakan bersama, sehingga kami optimis hasil evaluasi untuk Tahun ini akan lebih baik daripada tahun lalu,” ungkap Wabup ketika ditemui seusai memaparkan kinerja pemerintah di Grand Arkenso Semarang, Rabu (31/7).

Demi menampilkan hasil terbaik yang akuntabel di depan tim dari Kementerian PAN/RB, Wabup menyebut tak kurang dari 18 OPD  turut serta untuk memaparkan capaian kinerja mereka masing-masing. “Untuk evaluasi SAKIP ada 16 OPD, sementara 2 instansi tambahan yaitu RSUD Setjonegoro dan Kecamatan Wonosobo akan menjalani evaluasi Reformasi Birokrasi,” lanjutnya. Kepada masing-masing OPD yang menjalani evaluasi SAKIP maupun RB, Wabup meminta agar nantinya hasil rekomendasi dari tim kementerian sesegera mungkin ditindakanjuti dengan langkah-langkah konkret. Secara umum, pemkab Wonosobo diakui Agus telah melakukan berbagai perbaikan pula di sektor reformasi birokrasi. “Hasil dari perbaikan di bidang reformasi birokrasi dapat kita lihat salah satunya dengan diraihnya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI  untuk laporan keuangan Pemkab selama tiga tahun berturut-turut, 2016, 2017 dan 2018,” bebernya.

Terkait rekomendasi dari tim monev SAKIP KemenPAN/RB, Plt Kepala Bagian Organisasi Setda Tono Prihatono menyebut memang ada yang perlu ditindaklanjuti segera. “Dari hasil monitoring dan evaluasi setelah paparan 5 OPD, yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Inspektorat, Dinas Kominfo dan Dinas Perkimhub, kami ada tugas untuk memperbaiki integrasi sistem monev dengan e-planning dan e-budgeting,” terang Tono. Selama Agustus hingga September, ia mengaku optimis perbaikan sudah dapat dilakukan untuk kemudian diberikan validasi ulang oleh KemenPAN/RB pada awal Oktober mendatang. Ia berharap kerjasama yang solid dari semua OPD di jajaran Pemkab Wonosobo dapat dijalin sehingga target untuk naik kelas menjadi BB dapat diwujudkan.

(Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonosobo)

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *