Keluarga Faktor Terpenting Pembentuk Anggota Keluarganya

Dalam proses belajar, dunia pendidikan pada perkembangannya tidak dapat dipisahkan dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat yang saling berhubungan baik secara sendiri sendiri maupun komunal. Keluarga memiliki peranan yang sangat penting untuk membentuk citra, kepribadian dan watak anggota keluarganya. Demikian disampaikan Bunda Paud Kabupaten Wonosobo, Fairuz Eko Purnomo, ST, pada acara puncak peringatan ke-35 Hari Anak Nasional Kabupaten Wonosobo tahun 2019. Bertempat di Gedung Sasana Adipura Kencana Wonosobo, Selasa (23/7).

Dihadapan sekitar 1000 anak PAUD dan TK beserta orang tua siswa, Fairuz juga menyampaikan bahwa dari satuan terkecil baik itu keluarga, sekolah dan lingkungan itu terbentuklah gagasan untuk terus mewariskan standar nilai, watak dan kepribadian yang baik dan diakui oleh semua golongan.

“Untuk membentuk generasi yang mempunyai watak dan kepribadian yang baik harus dimulai sedini mungkin. Oleh karena itu peran PAUD sangat membantu dalam perkembangan anak di usia emas, sehingga nantinya akan terbentuk generasi bangsa yang berkualitas,” terang Fairuz.

“Oleh karena itu, PAUD sebagai lembaga pendidikan paling dini harus bisa dan mampu untuk membimbing anak anak agar kedepan bisa menjadi generasi unggul, disamping pendidikan dalam keluarga dan lingkungan dan diharapkan kedepan semua PAUD di Kabupaten Wonosobo akan menjadi PAUD Holistik Integral, sehingga akan menghasilkan generasi yang berkualitas,”pungkas Fairuz.

Sementara pada kesempatan itu Wakil Bupati Wonosobo, Ir. Agus Subagiyo, M.Si, saat membuka acara menyampaikan bahwa generasi yang bagus, bisa terbentuk jika dibina dan dibimbing sejak kecil ataupun sejak dini.

“Jangan paksakan kehendak orang tua kepada anak, tetapi dampingi , bimbing dan binalah anak agar menjadi generasi yang baik dan berkualitas. Karena setiap anak mempunyai bakat dan watak yang berbeda beda,” pungkas Agus Subagiyo.

Junaedi, selaku ketua penyelenggara Peringatan Hari Anak Nasional Kabupaten Wonosobo tahun 2019 menyampaikan bahwa dalam rangka memperingati Hari Anak Nasinal ini berbagai kegiatan telah dilaksanakan seperti Seminar dengan tema disiplin positif, Workshop jejaring anak, Gebyar cita cita Kabupaten Wonosobo. Sedangkan kegiatan yang bersinergi dengan OPD dan lembaga meliputi Pembuatan Akte gratis oleh Disdukcapil, Bhakti sosial oleh FORKOS, sosialisasi pencegahan dan penanganan stunting oleh DWP, sosialisasi pencegahan kekerasan perempuan dan anak oleh UPIPA, Seminar pengelolaan managemen TK dan parenting pada anak usia dini oleh DPC GOPTKI Wonosobo, Evaluasi tumbuh kembang balita oleh Dinas Kesehatan, Seminar umum kepada kader PKK Kecamatan oleh RSUD Setjonegoro dan lomba menulis surat untuk orang tua yang berada di luar negeri oleh Lembaga Kita.

“Dan hari ini sebagai puncak peringatan ke-35 Hari Anak Nasional dilaksanakan Festival anak hebat Wonosobo dengan kegiatan minum susu bersama, mendongeng oleh kak Bimo, konseling, lomba lomba anak, dan pengobatan gratis bagi anak di Puskesmas se Kabupaten Wonosobo,” pungkas Junaedi.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *