HARKITNAS Angkat Tema Bangkit Untuk Bersatu

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) ke-111 Tahun 2019, diperingati dalam suasana Bulan Suci Ramadan 1440 Hijriah di halaman Pendopo Bupati Wonosobo, Senin (20/5).

Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Wonosobo, M. Zuhri, selaku pembina upacara membacakan sambutan tertulis Menteri Informasi dan Komunikasi RI, Rudiantara, yang menekankan pada pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di saat-saat masyarakat rawan perpecahan akibat konstalasi politik akhir-akhir ini.

Dalam amanat Menkominfo RI yang dibacakan Pj. Sekda ini pun dinyatakan, telah lebih satu abad bangsa ini menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan, bentang geografis yang merupakan salah satu yang paling ekstrem di dunia, kita membuktikan bahwa mampu menjaga persatuan sampai detik ini. “Oleh sebab itu, tak diragukan lagi bahwa kita pasti akan mampu segera kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan Indonesia,” jelas M. Zuri.

M. Zuhri juga menyampaikan bahwa Hari Kebangkitan Nasional adalah momentum yang tepat untuk meningkatkan semangat gotong royong, guna memperkuat dan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. “ marilah kita semua memaknai peringatan Harkitnas kali ini dengan memperbarui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global,” ungkap M. Zuhri.

“ Oleh karena itu sesuai dengan tema Harkitnas kali ini “ Bangkit untuk Bersatu “ maka sudah seharusnya bangsa Indonesia tetap bersatu dan bangkit kembali terlepas dari apapun perbedaan yang ada,” pungkas M. Zuhri.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *