Bupati Sebar 70.000 Bibit Ikan Nila Merah di Telaga Bedakah

Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, bersama anggota Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah, Ferry Firmawan, didampingi anggota KODIM, POLRES serta perangkat dan masyarakat Desa Tlogomulyo, sebar 70.000 bibit ikan nila merah di Telaga Bedakah Desa Tlogomulyo, Rabu (13/03). Bibit benih sendiri merupakan bantuan dari Dinas Perikanan Provinsi Jawa Tengah.

Dalam kesempatan tersebut Bupati menyampaikan, bahwa kondisi sungai dan telaga-telaga di Kabupaten Wonosobo, masih perlu perhatian semua pihak. Selain masih kerap dijumpainya tumpukan sampah, limbah rumah tangga, dan rusaknya ekosistem ekuatik, sepanjang aliran sungai juga mengalami penyempitan dan pendangkalan. Perilaku buruk masyarakat jadi salah satu penyebab, yang mana mereka kerap menjadikan sungai atau telaga sebagai tempat pembuangan limbah atau sampah. Hal ini dipengaruhi oleh tingkat sosial budaya dan perilaku masyarakat yang tidak mendukung kebersihan lingkungan. Jika hal ini terus dibiarkan, akan berpengaruh terhadap kualitas air dan badan sungai.

Bupati menekankan, dalam upaya perlindungan serta pengelolaan lingkungan hidup, pelibatan masyarakat dan swasta serta pemerintah menjadi aspek yang penting. Pemerintah perlu mengeluarkan kebijakan yang pro lingkungan, sementara pihak swasta perlu juga menyadari akan pentingnya pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan, dan masyarakat diharapkan melakukan aksi-aksi ramah lingkungan hidup, seperti memilah serta membuang sampah pada tempatnya, menanam dan memelihara pohon atau juga menggunakan energi secara bijak.

Ditambahkan Bupati, untuk membangun masyarakat yang berkelanjutan, pihaknya mengharap dukungan, dari seluruh elemen masyarakat sehingga bisa, mendukung program konservasi lingkungan hidup, seperti pengelolaan sampah yang berbasis masyarakat atau bank sampah, sebagai bentuk kepedulian nyata, komitmen masyarakat beserta Pemerintah Kabupaten Wonosobo dalam mewujudkan lingkungan hidup yang bersih dan sehat serta ramah lingkungan, dapat terlaksana dengan baik.

Sementara Ferry berharap, bibit ikan yang telah disebar bisa bermanfaat, khususnya bagi ekosistem akuatik dan kelestariaan lingkungan di telaga Bedakah

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *