Pemerintah Wonosobo Mendapat Predikat B Evaluasi SAKIP

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, pada hari Selasa 19 Februari 2019 menyerahkan hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)  Tahun 2018 kepada Gubernur, Walikota dan Bupati wilayah III. Penyerahan dilaksanakan di Makassar, diserahkan secara langsung oleh Menteri PAN dan RB, Syafruddin kepada Gubernur, Walikota dan Bupati di wilayah III yang meliputi 12 Provinsi.

Pemerintah Kabupaten Wonosobo, dalam hal ini diwakili oleh Asisten Administrasi Sekretariat Daerah, Drs. Samsul Ma’arif, MM mendapatkan predikat  B dengan nilai 62, 70.  Predikat ini menunjukkan bahwa tingkat efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil di pemerintah Kabupaten Wonosobo sudah menunjukkan hasil baik. Predikat ini meningkat dari tahun sebelumnya di mana pada tahun 2016 predikat yang diperoleh adalah CC dengan nilai 50,80, tahun 2017 predikat CC dengan nilai 56, 18.

SAKIP adalah merupakan satu rangkaian mulai dari perencanaan kinerja, penganggaran, pelaksanaan program dan kegiatan, melakukan evaluasi dan melaporkan keberhasilan pencapaian kinerja dalam rangka mencapai Visi dan Misi Kepala Daerah.  Evaluasi SAKIP dilakukan bukan sekedar dalam rangka menilai instansi pemerintah, namun untuk memetakan tingkat implementasi manajemen kinerja masing-masing instansi pemerintah, sehingga memudahkan proses perbaikan dalam implementasi SAKIP. Menteri PAN dan RB dalam sambutannya menyebutkan bahwa penyerahan hasil evaluasi SAKIP bukan menjadi ajang untuk menang dan kalah, bukan pula menjadi suatu kompetisi tentang angka dan nilai. Sesungguhnya ini adalah suatu milestone, jejak perjuangan semua unsur terkait untuk menciptakan perubahan kinerja.

Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Wonosobo, Drs. Tri Antoro, M.Si, yang juga hadir dalam acara penyerahan hasil evaluasi SAKIP menuturkan bahwa peningkatan nilai yang dicapai oleh Wonosobo merupakan hasil kerja keras  dan dukungan dari semua pihak terkait di antaranya unsur Bappeda, Inspekorat, Bagian Organisasi dan juga semua perangkat daerah. Namun demikian, proses perbaikan terus menerus harus dilakukan dan rencananya, mulai tahun 2019 ini Bagian Organisasi bekerjasama dengan Inspekorat dan BAPPEDA akan melakukan pemantauan perkembangan capaian kinerja tiap triwulan sehingga capaian kinerja semua perangkat daerah dapat termonitor dengan baik dan apabila ada kendala dapat segera dilakukan langkah-langkah yang diperlukan.

Berbagai upaya yang telah dilakukan untuk memperbaiki implementasi SAKIP. Pj. Sekretaris Daerah, M. Zuhri, S.Sos M, Si, memberikan apresiasi kepada 12 Perangkat Daerah yang menjadi sampel implementasi SAKIP  yaitu :

1.   Inspektorat

2.   Bappeda

3.   Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga

4.   Dinas Kesehatan

5.   Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan

6.   Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang

7.    Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

8.    Dinas Pariwasata dan Kebudayaan

9.    Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Transmigrasi

10. DPMPTSP

11. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

12.  Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan

 

Masing -masing kepala perangkat daerah sampel melakukan presentasi hasil implementasi SAKIP  pada tanggal 6 November 2018 di depan tim evaluator SAKIP dari KemenPANRB di Surakarta.  Untuk perangkat daerah yang pada tahun 2018 belum menjadi sampel yaitu sekitar 11 perangkat daerah, pada tahun 2019 ini akan dilakukan pendampingan, sehingga harapannya implementasi SAKIP Kabupaten Wonosobo semakin baik dan dapat menaikkan nilai atau predikat SAKIP.

Menggarisbawahi yang telah disampaikan oleh Pj. Sekretaris Daerah, Wakil Bupati Wonosobo, Ir. Agus Subagyo, M.Si , mendorong agar semua perangkat daerah mendukung pencapaian visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo melalui implementasi SAKIP. Jajaran Pemerintah Kabupaten Wonosobo tidak boleh terlena dengan hasil yang didapat saat ini, karena sewaktu-waktu predikat tersebut dapat turun karena semakin hari evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah pusat semakin dinmias.

Merespon hasil evaluasi AKIP, Bapak Bupati Wonosobo, Drs. Eko Purnomo, MM menyambut baik hasil yang telah diperoleh oleh Kabupaten Wonosobo dan mengapresiasi semua pihak yang telah bekerja keras dalam penyelenggaraan SAKIP. Predikat B telah diperoleh, namun nilai yang diperoleh masih perlu ditingkatkan. Bupati Wonosobo berpesan bahwa, predikat dan nilai bukanlah tujuan utama, namun merupakan indikator bahwa tata kelola pemerintahan kita semakin baik. Perbaikan dan peningkatan kualitas kinerja pemerintahan di semua sektor harus senantiasa dilakukan program dan kegiatan tepat sasaran, efektif dan efisien dengan tujuan akhir pelayanan masyarakat yang semakin baik.

Kategori SAKIP

Predikat Nilai
AA 90-100
A 80-90
BB 70-80
B 60-70
CC 50-60
C 30-50
D 0-30

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *