Pendidikan Bela Negara Jadikan Motivasi Bekerja ASN

WONOSOBO. 50 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo ikuti kegiatan Pendidikan Kader Bela Negara (PKBN) yang diselenggarakan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Wonosobo selama 3 hari, yang dimulai Senin (26/11) dengan mengambil tempat  di Villa Oemah Nduwur, Andongsili Mojotengah.

Menurut Kepala Kantor Kesbangpol Didik Wibawanto, kegiatan ini merupakan program kerja kantor kesbangpol, tentang sosialisasi PKBN. Dengan maksud meningkatkan dan merefresh kembali pemahaman tentang ketahanan Bangsa bagi ASN di lingkungan Pemkab Wonosobo untuk menangkal adanya Ancaman, tantangan, gangguan, dan hambatan dalam hidup berbangsa dan bernegara. Selain itu juga bertujuan mensosialisasikan pendidikan kader bela negara kepada ASN di lingkungan Pemkab Wonosobo, juga untuk menanamkan kembali jiwa patriotisme dan cinta tanah air dan bangsa, serta memberikan tambahan pengetahuan dan motivasi kerja.

Pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten Sekda Bidang Administrasi yang juga merupakan Plt Kepala BKD, meberikan motivasi kepada para peserta. Karena dengan mengikuti kegiatan tersebut mereka tentu mengetahui betapa pentingnya pengetahuan tentang bela negara. Sehingga menyadari betul apakah itu bela negara, yang akan tertanam kembali pada jiwa mereka, serta akan mendapatkan motivasi sebagai pendorong semangat dalam bekerja. Syamsul Maarif menyampaikan kepada para peserta, agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan sepenuh hati. Harus bangga karena terpilih menjadi peserta untuk mengikuti pelatihan bela negara tersebut.

Kegiatan PKBN sendiri diikuti 50 ASN, 36 pria dan 14 wanita, terdiri dari 7 ASN di Dinas Pertanian dan Perikanan, 4 ASN di Dinas Kesehatan, dan sisanya 39 ASN eks Sekretaris Desa. Pelatihan akan di isi dengan berbagai kegiatan, baik pendidikan fisik  oleh instruktur dari Kodim,  maupaun penyampaian materi. Dengan menghadirkan beberapa nara sumber penyampaian materi, diantaranya Peran ASN dalam PKK, Nara Sumber dari PKK Kabupaten, PBB dan Kesamaptaan, Bela Negara, Wawasan Kebangsaan dan materi tentang Radikalisme dan Terorisme oleh Kodim 0707, Psikologi ASN oleh NS Harista Spsi, Katakan tidak untuk KKN oleh Inspektorat Kabupaten Wonosobo, Revolusi mental, Disiplin ASN Sebagai Ujud Bela Negara oleh BKD Wonosobo, Motivasi ASN oleh Irvinto Dobby Ariasto, Pola Hidup ASN oleh Dinas Kesehatan,.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *