Sumpah Pemuda, Menjadi Pelopor Pemuda Untuk Membangun Kesadaran Kebangsaan Indonesia

WONOSOBO. Para tokoh pemuda tahun 1928, telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda, sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia, sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini. Komitmen kebangsaan mereka harus di teladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia. Demikian dikatakan Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo saat membacakan sambutan Menteri Permuda dan Olahraga pada Upacara peringatan Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018 di Halaman Pendopo Bupati, Senin (29/10).

Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-90 ini mengambil tema sentral “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”. Tema besar ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang mampu berkiprah pada zamannya, merawat kebhinekaan, dan tetap teguh mempertahankan NKRI. Yaitu generasi muda yang beriman dan bertaqwa, kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tahun 2019 Bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar, Pesta Demokrasi untuk memilih dan menentukan Pimpinan Nasional dan Daerah yaitu, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Legislatif baik DPR RI, DPD RI, DPRD Tingkat 1 (satu) dan DPRD Tingkat 2 (dua). Untuk itu, peran dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan proses Pemilihan Umum nanti, amat sangat dibutuhkan. Partisipasi aktif pemuda dalam PEMILU 2019 perlu ditingkatkan, untuk mewujudkan pemilu yang damai, kredibel dan berkualitas.

Sambutan ditutup dengan pesan yang mengatakan, tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan keluar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik. “Wahai Pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia”, pesanya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan Deklarasi Pernyataan Pemilu Damai oleh Segenap unsur Forkopimda dan tokoh kepemudaan.

 

 

 

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *