Market Day Sebagai Ajang Kreativitas Siswa

WONOSOBO. Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, SMA I Mojotengah gelar berbagai kegiatan gali potensi siswa. Salah satu ikon, dikemas dalam acara Market Day. Dilaksanakan di lingkungan sekolah kegiatan tersrbut dibuka oleh, Kasubbag Tata Usaha BP2MK Wilayah IV Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Prihestu Hartomo.

Menurut penuturan Kepala Sekolah Sri Widyastuti, ini merupakan kegiatan tahunan yang dilsksanakan SMA I Mojotengah dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. Dengan maksud dan tujuan untuk menggali potensi, bakat, dan kreatifitas dari siswa atau generasi muda sebagai bekal dimasa depan.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda”.

Market Day sendiri dikatakannya, merupakan ajang kreatifitas yang di jadikan ikon. Mulai dari merencanakan, mengolah sampai menjajakan product hasil kreatifitasnya. Sehingga para siswa bisa tau bagaimana cara mengelola dan memanagemen usaha dengan baik hingga akhirnya menghasilkan keuntungan. Dengan harapan siswa bisa berlatih hal tersebut.

Di tahun 2018 ini ada kegiatan perdana, yang di tambahkan dalam rangka bulan bahasa. Dengan menampilkan berbagai lomba, salah satunya majalah dinding dan pojok literasi. Setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 07.15 WIB, siswa diwajibkan membaca dikelas masing-masing,de bukan buku pelajaran tapi buku bacaan, sehingga mereka mendonasikan bukunya sendiri yang mereka miliki menjadi perpustakaan sekolah untuk dibaca setiap hari guna memacu dan memotivasi siswa agar gemar membaca. Selain itu ada cipta dan baca puisi, yaitu membuat puisi sendiri kemudian dibacakan, serta pidato bahasa jawa dan story telling.

Harapan dari kegiatan ini, Widyastuti ingin memperkenalkan ke dunia luar bahwa siswa siswi atau generasi muda sebetulnya memiliki potensi yang besar yang harus di kembangkan, dan harus dikawal agar bakat positif mereka bisa berkembang. Sehingga generasi yang lain yang ada di luar bisa mencotoh bahwa banyak hal bisa di kreasikan. Seperti yang telah dilakukan di SMA I Mojotengah ini, salah satunya dengan menggelar lomba lukis gravity, di dinding lapangan upacara dengan tema 1928. Kedepan Widyastuti akan lebih fokus dengan kegiatan yang sesuai identitas jati diri SMA I Moteng, dengan menggali potensi  lokal Jawa Tengah dan Wonosobo khususnya sebagai ciri khas.

Sementara itu Prihestu Hartomo menyampaikan apresiasi yang positif dan tertarik dengan kegiatan ini. Dia melihat antusiasme siswa siswi SMA I Moteng dengan kreatifitasnya yang luar biasa. ” Ini menarik, bahwa Siswa SMA di latih untuk kegiatan ekspo seperti halnya siswa SMK”, katanya. Sehingga menurutnya dari sini anak bisa berkembang sesui dengan bakat dan potensi keminatannya masing-masing. Dengan menyelenggarakan market day hari ini akan membentuk karakter anak untuk berwira usaha.

Apresisasi juga disampaikan atas kebebasan dalam koridor Intra dan ekstrakurikulum yang diberikan SMA I Moteng kepada siswanya yang terfasilitasi dalam kegiatan ini. Yang menurutnya perlu di tularkan ke sekolah lain.

“Nanti akan saya pamerkan di SMA lain, ini lho Sekolah, Sekolah itu menjadi satu pemahaman budaya, pemahaman etika, pemahaman kultur yang sifatnya membumi, jadi anak-anak tidak lagi terlalu jauh dengan apa yang jadi kenyataan dilingkunganya, mereka peka, kemudian mengemasnya, mensikapinya menjadi sebuah karya yang dijadikan sebagai bekal di masa depan”.

Kedepan, Prihestu berharap, SMA I Moteng kepada para siswanya agar terus dikuatkan dan difasilitasi lebih, serta minta agar dikuatkan juga anggaran yang lebih produktif. Sehingga pihak sekolah mengarahkan anak disamping karakteristik secara etika dan budaya namun juga penguatakan terhadap mental kreatifitas inovatif untuk berwira usaha.

Prihestu berpesan, agar kegiatan ini tetap  diteruskan, suasana kekeluargaan dikuatkan,  budaya yang sudah terbentuk dan terbangun denga baik ini lebih dimantabkan. Serta kegiatan ini mohon di rutinkan lagi, misal dilakukan seminggu sekali yang dikemas dalam kegiatan ekstrakurikuler, kemudian triwulan membuat ekspo memamerkan di dalam lingkungan sekolah atau mencoba memasarkan ke luar lingkungan sekolah. Serta minta agar kegiatan ini bisa memunculkan product yang bisa menarik khalayak umum.

 

          

 

          

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *