Bupati Minta Anggota Linmas Tingkatkan Kualitas SDM nya

WONOSOBO. Penyelenggara keamanan dan ketertiban serta perlindungan terhadap masyarakat khususnya dilingkungan pemukiman merupakan tugas dan tanggung jawab Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat.

Oleh karenanya Bupati Wonosobo Eko Purnomo, S.E., M.M., minta kepada anggota Satlinmas/Linmas dalam menjalankan tugas dan fungsinya harus didukung dari sumber daya manusia yang memadai baik secara kualitas maupun kuantitas sehingga harapan dan keinginan masyarakat mendapatkan keamanan, ketertiban, ketentraman serta perlindungan terhadap masyarakat terpenuhi dengan sepenuhnya sehingga kehadiran Satlinmas/Linmas bisa dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Hal tersebut berpedoman dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, khususnya pada bagian ketiga tentang Urusan Pemerintahan Konkuren, Pasal 12 yang menyatakan bahwa Urusan Pemerintahan Wajib yang berkaitan dengan Pelayanan Dasar diantaranya adalah ketenteraman, ketertiban umum, dan pelindungan masyarakat. Maka Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014, dapat dijadikan landasan yang kuat bagi eksistensi keberadaan Satuan Linmas pada saat ini.

“Untuk Kabupaten Wonosobo, keberadaan Satlinmas sangat penting, saya harapkan dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab, oleh karenanya, sangat penting bagi anggota Satlinmas, untuk mengasah kemampuannya serta kecakapannya, dalam  membantu menjaga ketentraman, keamanan serta menangani dan menanggulangi, jika sewaktu-waktu terjadi bencana dan gangguan keamanan di wilayah kerjanya”, kata Bupati.

Selain itu kata Bupati, dalam rangka melaksanakan amanah demokrasi, tahun 2019 nanti ada agenda pemilihan umum langsung dalam frekuensi yang cukup sering, dari tingkat pusat hingga kabupaten, yakni Pemilu Legislatif serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Sehingga hal ini agar disikapi secara bijaksana oleh segenap komponen masyarakat dengan senantiasa menjaga kerukunan dan menghormati perbedaan di tengah masyarakat, agar situasi tetap damai, tentram, dan kondusif.

“Untuk itu, saya meminta kepada seluruh Satuan Linmas di wilayah, agar dapat terlibat secara aktif dalam melindungi masyarakat, sehingga bisa terpelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban umum”.

Bupati berharap Satlinmas dapat menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan jajaran TNI dan Kepolisian setempat, agar tidak terjadi kesalahpahaman dan ketersinggungan dalam pelaksanaan tugas pengamanan di wilayah.

Sementara itu Kabag Ops Polres Wonosobo, Kompol Sutomo mengatakan, Satlinmas menjadi ujung tombak bagi Kepolisian yang mana berperan sangat penting sebagai mata dan telinga dan menjadi jembatan informasi dari wilayah. Oleh karena itu kepada Babinkamtibmas diperintahkan agar melakukan pembinaan dan koordinasi yang baik bersama satlinmas.

Hal senada dikatakan Dandim Letkol Czi Fauzan Fadli, SE, bahwa keamanan dan ketertiban akan tercipta jika ada koordinasi kolaborasi dan kerjasama yang baik antar semua unsur. Serta harus menyamakan persepsi, baik TNI, POLRI dan Pemerintah Daerah. Termasuk Satlinmas juga harus dilibatkan dalam menciptakan tramtibmas, yang dimulai dari lingkungan terkecil.

Hal diatas disampaikan pada acara rakor, Sinergitas Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo dengan TNI dan POLRI dalam rangka Peningkatan SDM Linmas di ruang Mangoenkoesoemo Selasa (2/10). Rakor  dihadiri semua Kapolsek, Camat, Kasi Tramtib serta instansi terkait lainya.

Kasat Pol PP dan Linmas Haryono, S.Sos., mengatakan maksud dan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan sinergitas antara Sipil, TNI dan POLRI dalam pembinaan Linmas, untuk meningkakan kuantitas dan kualitas SDM Linmas. Sehingga Linmas diharapakan memiliki deteksi dan cegah dini kebencanaan,  dan sebagai motivasi generasi muda untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga tramtibmas. Serta pemberdayaan perempuan sebagai anggota Linmas.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *