Bupati Resmikan Klinik Layanan Kesehatan bagi ASN

Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, melaunching secara resmi Klinik Layanan Kesehatan bagi Aparatus Sipil Negara (ASN) yang berlokasi di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Wonosobo, Senin, 30 Juli.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan apresiasi kepada jajaran Badan Kepegawaian Daerah dan BPJS Kesehatan Kabupaten Wonosobo, serta RSUD Krt.Setojonegoro bersama pihak Puskesmas Wonosobo I, yang telah menginisiasi Klinik tersebut. Bupati berharap, keberadaan klinik, bisa memberikan peningkatan jaminan kesehatan ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo, yang dampaknya bisa meningkatkan produktivitas ASN, dalam memberikan layanan optimal kepada publik.

Ditegaskan Bupati, pembangunan kesehatan harus dipandang sebagai suatu investasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dalam pengukuran Indeks Pembangunan Manusia, kesehatan adalah salah satu komponen utama, selain pendidikan dan pendapatan. Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan, yang menetapkan definisi kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi.

Pihaknya menyambut kegiatan sejenis, agar bisa lebih mendorong ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo, untuk lebih melihat kesehatan pribadi mereka sebagai prioritas, demi terjaganya kondisi tubuh dan jiwa yang sehat dan bugar.

Terkait layanan psikologi bagi ASN, Bupati juga menyambut baik adanya layanan ini. Menurutnya layanan psikologi dalam bentuk konseling memiliki manfaat positif, antara lain kemampuan memahami diri dan permasalahan yang dihadapi. Serta mengetahui prioritas dalam hidup, permasalahan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu, sehingga cara bertindak bisa lebih efektif, dan untuk menurunkan tingkat stress yang dialami saat bekerja. Stress meskipun tidak berbahaya, namun jika dibiarkan terus menerus maka berpotensi mengakibatkan gangguan psikis yang lebih sulit untuk ditangani nantinya. Lebih jauh, akan berpengaruh pula terhadap kinerja ASN.

Oleh karena itu, Bupati berharap, kegiatan ini dapat menjadi embrio perubahan paradigma sakit menjadi sehat, mengutamakan tindakan promotif dan preventif, sebelum tindakan kuratif atau pengobatan, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Selain itu, phaknya berharap agar kegiatan ini dapat kosisten berjalan, dievaluasi secara berkala dalam pelaksanaannya, untuk dilakukan peningkatan layanan, dalam mendukung upaya peningkatan kualitas hidup ASN.

Menurut Kepala Bidang Pembinaan dan Penilaian Kinerja Aparatur Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Wonosobo, Joko Widodo, Klinik Layanan Kesehatan bagi ASN ini, difokuskan pada layanan kesehatan preventif bagi penyakit tidak menular, seperti tes gula darah, tekanan darah maupun kolesterol, serta pelayanan tingkat pertama bagi ASN yang mengalami gangguan kesehatan. Selain layanan kesehatan fisik bagi ASN, juga diberikan layanan psikologi bagi ASN yang membutuhkan. Untuk jam layanan sendiri, tenaga medis siap memberikan layanan setiap hari Senin-Kamis mulai jam 08.00 sampai 14.00 dan hari Jum’at mulai Jam 08.00 sampai dengan 11.00. Serta layanan psikologi setiap hari Rabu minggu kesatu mulai jam 13.00 sampai dengan 14.00.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *